Penerapan metode reading guide dalam pembelajaran bahasa arab pada anak didik MTS Walisongo Tulis Batang

Sovanah, Sovanah (2017) Penerapan metode reading guide dalam pembelajaran bahasa arab pada anak didik MTS Walisongo Tulis Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (2MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Metode pembelajaran mempunyai andil yang cukup besar dalam kegiatan belajar mengajar, dengan belajar, anak didik diajak turut serta dalam proses pembelajaran baik secara mental maupun fisik. Oleh karena itu, guru dituntut untuk mampu menciptakan suasana yang memungkinkan anak didik secara aktif menemukan, memproses dan mengkonstruksi ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan baru. Metode reading guide merupakan metode membaca terbimbing. Metode reading guide dilaksanakan dengan cara guru memilih materi yang akan dipelajari. Berdasarkan uraian di atas,maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana penerapan metode reading guide dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak didik MTs Walisongo Tulis Batang, dan Apa faktor pendorong dan penghambat penerapan metode reading guide dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak didik MTs Walisongo Tulis Batang. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode Reading Guide dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada anak didik MTs Walisongo Tulis Batang, dan untuk mendeskripsikan faktor pendorong dan penghambat penerapan metode reading guide dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak didik MTs Walisongo Tulis Batang. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan pelaku yang diamati. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Penerapan metode Reading Guide dalam Pembelajaran Bahasa Arab pada Anak didik MTs Walisongo Tulis Batang dapat berjalan dengan baik. Sebelum guru menerapkan Metode Reading guide, terlebih dahuluguru memilih materi yang akan dipelajari. Selanjutnya guru melakukan pengembangan indikator, pengembangan materi, pemilihan metode, dan pemilihan alat evaluasi. Selain itu penerapan metode reading guide para peserta didik dapat lebih fokus pada materi pokok karena mereka secara langsung dibimbing dengan daftar pertanyaan yang telah diberikan oleh guru, sehingga proses pembelajaran jelas akan lebih efektif dan efesien. Faktor pendorong dan penghambat penerapan metodereading guide dalam pembelajaran bahasa Arab pada anak didik MTs Walisongo Tulis Batang, antara lain untuk faktor pendorong adalah peserta didik lebih aktif mengikuti pelajaran dan lebih membantu peserta didik untuk dapat memahami pelajaran bahasa Arab. Sedangkan faktor penghambatnya berupa alokasi dalam kegiatan pembelajaran yang masih kurang, peserta didik tidak dibiasakan dalam berbahasa Arab dan sarana prasarana yang kurang mendukung dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZaeni, AkhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: reading guide , bahasa arab ,MTS Walisongo Tulis Batang
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 09 Mar 2021 05:49
Last Modified: 09 Mar 2021 05:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item