Implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa arab di SMA Islam Pekalongan

Aminah, Srifatul (2017) Implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa arab di SMA Islam Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
BAB I, V & LAMP.pdf

Download (3MB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Keberhasilan suatu proses belajar mengajar tidak akan lepas dari metode yang akan dipakai karena metode pengajaran merupakan salah satu faktor yang berperan penting dalam proses pembelajaran. Tepat atau tidaknya guru dalam memilih metode pembelajaran adalah salah satu faktor keberhasilan seorang guru. Pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan guru menggunakan Metode eklektik karena guru merasa bahwa menggunakan metode eklektik (metode gabungan) dalam sebuah pembelajaran akan berdampak positif melihat cara yang disajikan guru adalah dengan mencampurkan beberapa metode dalam satu pembelajaran hal tersebut bisa membuat suasana kelas menjadi aktif tidak hanya monton saja. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka permasalahan yang dapat diangkat adalah: Bagaimana implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan, dan Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode eklektik di SMA Islam Pekalongan, dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik di dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan. Penelitian ini secara teoritis diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi penulis terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran bahasa Arab. Secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan kejelasan pagi peserta didik untuk dapat menumbuhkan keaktifan belajar dalam menimba ilmu sehingga diharapkan hasil belajar meningkat, khususnya bahasa Arab dan masukan untuk para guru agar dapat meningkatkan kinerja profesionalisme guru dalam kegiatan belajar mengajar dikelas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan sedangkan pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun dalam menganalisa data dengan menggunakan deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif maka penulis menggunakan pola berfikir induktif (dimulai dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat umum). Hasil pembelajaran di SMA Islam Pekalongan dengan menggunakan metode eklektik bisa di kata kan baik karena siswa sudah melampaui kriteria seperti, siswa lebih percaya di berbicara bahasa Arab didepan kelas, siswa dapat menulis teks berbahasa Arab dengan tema keluarganya sendiri, siswa dapat melafalkan dan menghafalkan beberapa kosa kata, siswa dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Arab dengan baik dan siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran di kelas. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi metode eklektik dalam pembelajaran bahasa Arab di SMA Islam Pekalongan yaitu seperti faktor lingkungan, sarana-prasarana dan kemampuan siswa yang heterogen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMu’in, Abd.UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Eklektik, Pembelajaran Bahasa Arab
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muhammad Alghiffary
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:40
Last Modified: 03 Jun 2021 03:40
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1280

Actions (login required)

View Item View Item