KHOIRUNNISA’, HANI (2025) “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual Berdasarkan Teori Nolting Materi Sistem Persamaan Linear Siswakelas X Sman 2 Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2621092_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2621092_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2621092_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Analisis kesalahan pada penelitian ini adalah menyelidiki dan mengupas macam-macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika kontektual berdasarkan teori nolting yaitu metode untuk menganalisis kesalahan dalam soal matematika kontektual. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut: 1) Apa saja ragam kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika konstektual berdasarkan teori nolting siswa kelas X SMAN 2 Pekalongan. 2) Apa saja penyebab yang mendasari“kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika konstektual berdasarkan teori nolting siswa kelas X SMAN 2 Pekalongan?”3) Apa saja solusi untuk meminimalisir“kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika konstektual berdasarkan teori nolting siswa kelas X SMAN 2 Pekalongan? Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk menganalisis ragam “kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika konstektual berdasarkan teori nolting siswa kelas X SMAN 2 Pekalongan. 2) Untuk menganalisis penyebab “kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika konstektual berdasarkan teori nolting siswa kelas X SMAN 2 Pekalongan.”3) Untuk menemukan solusi untuk meminimalisir“kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika konstektual berdasarkan teori nolting siswa kelas X SMAN 2 Pekalongan melalui wawancara terhadap guru. Penelitian yang dilakukan di SMAN 2 Pekalongan menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengambilan sampel menggunakan purpose sampling. Adapun pengumpulan data menggunakan tes, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kesalahan yang dilakukan siswa kelas X-1 SMAN 2 Pekalongan. Kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaiakan soal matematika kontekstual materi sistem persamaan linear yaitu: 1) kesalahan petunjuk arah, penyebabnya yaitu tidak terbiasa dan tidak diajari menuliskan komponen diketahui dan yang ditanyakan. 2) Kesalahan kecerobohan , penyebabnya yaitu tidak teliti dan terburu-buru. 3) Kesalahan pemahaman konsep, penyebabnya yaitu tidak dapat memahami penjelasan yang diberikan guru dikarenakan penjelasannya terlalu cepat. 4) Kesalahan penerapan, penyebabnya yaitu tidak teliti dan terburu-buru. 5) Kesalahan tes, penyebabnya yaitu pusing melihat soal, tidak faham dengan materi, terburu-buru. 6) Kesalahan belajar, penyebabnya antara lain jarang berlatih mengerjakan soal sejenis dikarenakan tidak faham dengan materi sistem persamaan linear.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Analisis Kesalahan, Soal Matematika kontekstual, Nolting, Materi Sistem Persamaan Linear. | ||||||||
Subjects: | 500 NATURAL SCIENCE AND MATHEMATICS (ILMU PENGETAHUAN DAN MATEMATIKA) > 510 Mathematics (Matematika) > 510 Mathematics/Matematika | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 24 Mar 2025 05:52 | ||||||||
Last Modified: | 24 Mar 2025 05:52 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/12808 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |