Pengaruh Revitalisasi Pasar dan Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah Terhadap Daya Saing Pasar Melalui Persepsi Resiko Konsumen Sebagai Variabel Intervening dalam Perspektif Good Governance (Studi Kasus Pasar Kedungwuni Pekalongan).

Istiqomah, Khoirun (2021) Pengaruh Revitalisasi Pasar dan Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah Terhadap Daya Saing Pasar Melalui Persepsi Resiko Konsumen Sebagai Variabel Intervening dalam Perspektif Good Governance (Studi Kasus Pasar Kedungwuni Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117202 - Bab1&5.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4117202 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] Text
4117202 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Adanya modernisasi yang marak terjadi mengakibatkan semakin berkurangnya tingkat kepentingan pasar tradisional. Dalam hal ini ancaman hebat akan dialami pasar tradisional terutama dalam eksistensinya yang terus bersaing dengan maraknya keberadaan ritel. Pemerintah daerah harus sigap mengambil kebijakan dalam permaslahan ini yakni dnegan melakukan revitalisasi pasar. Selain itu, kualitas pelayanan menjadi penempatan utama dalam mempertimbangkan keputusan pembelian (persepsi resiko) yang dilakukan oleh konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskrisikan pengaruh revitalisasi pasar dan kualitas pelayanan berbasis syariah terhadap daya saing pasar melalui persepsi resiko konsumen terhadap daya saing pasar di pasar kedungwuni pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian campuran yakni dengan metode kuantitatif dilanjutkan dengan metode kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (metode kuantitatif), obseravsi, wawancara serta dokumenatasi (kualitatif). Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Rao Purba dengan hasil 96,04 dan dibulatkan menjadi 100 konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji path analisis dengan bantuan SPPS 25.0 dilanjutkan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta diakhiri dnegan interpreatasi dari keseluruhan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa revitalisasi pasar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi resiko konsumen. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap persepsi resiko konsumen. Revitalisasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing pasar. Kualitas pelayanan memiliki tidak memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap daya saing pasar. Persepsi resiko konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap daya saing pasar. Persepsi resiko konsumen mampu memediasi pengaruh antara revitalisasi pasar terhadap daya saing pasar. Persepsi resiko konsumen mampu memediasi pengaruh antara kualitas pelayanan berbasis syariah terhadap daya saing pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMursid, Mansur ChadiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Revitalisasi Pasar, Kualitas Pelayanan Berbasis Syariah, Persepsi resiko konsumen, daya saing pasar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:04
Last Modified: 25 Apr 2025 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item