Multazamah, Umma (2021) Strategi Bisnis Ud. Meubel Industri Tenang Jati Menurut Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2013115454-Bab1&5.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2013115454-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2013115454-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Strategi ialah sesuatu rencana berskala besar yang memiliki tujuan ke masa depan buat berhubungan dengan keadaan persaingan demi menggapai sesuatu tujuan industri. Supaya tujuan tersebut bisa dicapai, manajemen industri wajib membuat perencanaan yang pas serta akurat. Strategi yang di gunakan seperti Konsentrasi, pengembangan pasar, pengembangan produk, diversifikasi konsentrik, dan pengembangan sumber daya manusia. Dalam perspektif islam dengan memperhatikan hal-hal seperti niat suci dan ibadah, jujur dan ikhlas sebagai strategi bisnis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi bisnis yang dilakukan oleh pemilik UD. Meubel Industri Tenang Jati di Desa. Subah, Kecamatan. Subah, Kabupaten. Batang? 2) Bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap strategi bisnis yang dilakukan oleh UD. Meubel Industri Tenang Jati di Desa Subah, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, wawancara dan Dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang diperoleh, penulis mengumpulkan, mengklarifikasi materi data, mereduksi dan menyimpulkan data, kemudian di sajikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Strategi bisnis yang di lakukan oleh bapak Muhammad Sujud merupakan stategi bisnis dengan menggunakan Konsentrasi, Pengeembangan pasar, Pengembangan produk, Dikonversi konsentrik, dan dengan Pengembangan Sumber daya manusia. Menurut pengamatan penulis dari strategi yang di lakukan perusahaan masih terus berjalan hingga saat ini dan terus berkembang walaupun banyak pesaing baru yang berdatangan. Diantara banyaknya pesaing baru yang muncul ada pula yang tidak bisa bertahan atau tidak bisa bersaing dengan perusahaan lain. Strategi bisnis dengan perspektif ekonomi islam yang di lakukan oleh bapak Muhammad Sujud merupakan stategi bisnis yang menggunakan dasar ajaran agama islam dengan niat suci ibadah, jujur dan ikhlas. Menurut pengamatan penulis dari strategi bisnis dengan perspektif ekonomi islam yang di lakukan itu dengan perusahaan tersebut telah sesuai dengan ajaran-ajaran jual beli dalam islam yaitu berpedoman pada AlQuran dan Hadits. Hal ini menjadi dasar awal karena memang bisnis ini sudah di niati untuk ibadah dan membantu sesama dalam menyediakan produk dan membuka lapangan pekerjaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Bisnis, Ekonomi islam, Meubel industri | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 29 Apr 2025 07:18 | ||||||||
Last Modified: | 29 Apr 2025 07:18 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13168 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |