Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Weleri dan Bank BTN Syariah KCP Pekalongan (Studi Komparatif

Imanullah, Fahmi BAgus (2021) Strategi Bauran Pemasaran Produk Tabungan Wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Weleri dan Bank BTN Syariah KCP Pekalongan (Studi Komparatif. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117030_Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4117030_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4117030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perbankan syariah belakangan ini mengalami perkembangan yang cukup pesat, hal ini menyebabkan terjadinya persaingan antar bank syariah. Saat ini bank syariah dituntut untuk melakukan berbagai strategi dan upaya pembaharuan untuk dapat menjadi pemain utama pada segmenya dan tetap eksis dalam persaingan, terutama dalam bidang pemasaran. Dalam melakukan pemasaran, bank menggunakan strategi yang berlandaskan pada bauran pemasaran, di mana strategi bauran pemasaran yang tepat dan terarah menjadi kunci utama dalam memasarkan setiap produk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan strategi bauran pemasaran produk tabungan wadi’ah di Bank Syariah Indonesia KCP Weleri dan Bank BTN Syariah KCP Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga metode, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran di Bank Syariah Indonesia KCP Weleri dan Bank BTN Syariah KCP Pekalongan pada produk tabungan wadi’ah menggunakan strategi bauran pemasaran (marketing mix) di mana terdiri dari 7P yaitu Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi), People (Orang), Process (Proses), dan Physical evidence (Bukti Fisik). Untuk Bauran Pemasaran yang unggul di Bank Syariah Indonesia KCP Weleri yaitu pada Strategi Harga, Tempat, dan Proses, di mana menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai pasaran, memiliki tempat yang strategis, serta kemudahan dalam pembukaan rekening. Sedangkan Bank BTN Syariah KCP Pekalongan memilki bauran pemasaran yang unggul di antaranya pada Strategi Harga, Tempat, dan Promosi, di mana menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai pasaran, tempat yang strategis, serta berbagai macam media promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMasrur, MuhamadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Tabungan Wadi’ah, dan Bank Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 06 May 2025 03:36
Last Modified: 06 May 2025 03:36
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13183

Actions (login required)

View Item View Item