Strategi Pemasaran Syariah Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Toko Akhdan Souvenir Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan

Anggraeni, Diyan (2025) Strategi Pemasaran Syariah Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Pada Toko Akhdan Souvenir Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4119238_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (836kB)
[img] Text
4119238_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4119238_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Strategi pemasaran Syariah merupakan instrument penting yang digunakan suatu perusahaan dalam menetapkan sebuah langkah dalam rangka mencapai tujuan perusahaan melalui penciptaan keunggulan yang kompetitif serta mampu bertahan lama di pasar. Strategi pemasaran harus disusun secara efektif guna harus mampu menciptakan strategi yang tepat sebagai prioritas utama pada usaha yang dijalankan agar tetap menjaga eksistensi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai strategi pemasaran Syariah dalam meningkatkan daya saing, untuk mengetahui kendala yang dihadapi, serta untuk mengetahui seberapa efektif pelaksanaan strategi pemasaran yang telah digunakan pada toko Akhdan Souvenir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data pada penelitian ini bersumber dari data primer dan sekunder. Metode yang digunakan dalam memperoleh data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dengan Teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Syariah yang digunakan pada toko Akhdan souvenir dalam meninfgkatrkan daya saing berupa 4P (Produck, Price, Place, dan Promotion). Kemudian kendala yang dihadapi oleh toko Akhdan souvenir meliputi persaingan usaha yang semakin ketat, mengalami kesulitan dalam pemasaran online, adanya keterbatasan anggaran untuk pemasaran, keterbatasan dalam pengelolaan keuangan, dan pengelolaan stok yang kurang tepat. Selanjutnya analisis efektifitas strategi pemasaran yang digunakan toko Akhdan Souvenir menunjukkan adanya peningkatan penjualan dari tahun ke tahun, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran Syariah yang digunakan sudah cukup efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSafi’i,, Muhammad ArisUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran Syariah, Souvenir, Daya Saing
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 16 May 2025 06:33
Last Modified: 16 May 2025 06:33
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item