Prayogo, Imam Sodik (2024) Peningkatan sikap tanggung jawab siswa kelas iv melalui pembelajaran PAI tentang usia baligh. [Research]
![]() |
Text
1. PTK_Imam Sodik Prayogo.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa kelas IV melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan materi "Menyambut Usia Baligh". Penelitian dilakukan dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di SD Negeri Tanjungsari, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, selama dua siklus. Setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian terdiri dari 12 siswa kelas IV. Metode pembelajaran berbasis diskusi kelompok, media audio-visual, dan pendekatan berbasis proyek diterapkan untuk mendorong siswa memahami tanggung jawab secara agama dan sosial. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada sikap tanggung jawab siswa di berbagai aspek, termasuk menyelesaikan tugas tepat waktu, kepatuhan terhadap aturan, kepedulian terhadap teman, dan menjaga barang. Rata-rata skor tanggung jawab siswa meningkat dari 7,75 pada siklus pertama menjadi 10,75 pada siklus kedua. Peningkatan ini mencerminkan efektivitas metode pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan pendekatan pembelajaran yang interaktif dan berbasis nilai agama untuk meningkatkan sikap tanggung jawab siswa secara berkelanjutan.
Item Type: | Research |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sikap tanggung jawab, pendidikan agama islam, usia baligh, penelitian tindakan kelas |
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru |
Depositing User: | Nani Nuryani |
Date Deposited: | 21 May 2025 03:43 |
Last Modified: | 21 May 2025 03:43 |
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |