Herlina, Herlina (2025) Efektivitas penggunaan media visual dalam pembelajaran kisah khulafa’ur rasyidin untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas vi SDN 02 Randudongkal. [Research]
![]() |
Text
5. PTK_Herlina.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Pembelajaran yang menarik dan menyenangkan merupakan kondisi pembelajaran yang diidam-idamkan oleh peserta didik, apabila peserta didik bersemangat dan memiliki antusias yang tinggi dalam pembelajaran tidak dipungkiri hasil belajar siswa akan meningkat. Adapun untuk memperoleh pembelajaran yang menarik yaitu dengan menggunakan media salah satunya media Visual. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada materi Memahami Jasa-Jasa Khulafa’ur Rasyidin melalui penerapan media Visual di kelas VI SDN 02 Randudongkal Kecamatan Randudongkal. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar peserta didik. Pada siklus I, hasil belajar meningkat sebesar 32 persen, dari 36 persen atau 9 peserta didik menjadi 68 persen atau 17 peserta didik, dengan rata-rata nilai 76,84. Pada siklus II, hasil belajar meningkat lebih lanjut sebesar 24 persen, dari 68 persen atau 17 peserta didik menjadi 92 persen atau 23 peserta didik, dengan rata-rata nilai 89,60. Secara keseluruhan, terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik sebanyak 56 persen setelah penerapan media Visual. Dengan demikian, penerapan media Visual efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di kelas VI SDN 02 Randudongkal
Item Type: | Research | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, pendidikan agama islam, media visual | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru | ||||||||
Depositing User: | Nani Nuryani | ||||||||
Date Deposited: | 21 May 2025 04:28 | ||||||||
Last Modified: | 21 May 2025 04:28 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13237 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |