Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Paibp Materi Asmaul Husna Melalui Penerapan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Lemahduwur 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025

Rakhmah, Mawaddatur (2024) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Paibp Materi Asmaul Husna Melalui Penerapan Metode Make A Match Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Lemahduwur 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. [Research]

[img] Text
14. PTK_Mawaddatur Rakhmah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAIBP kelas IV di SD Negeri Lemahduwur 01. Berdasarkan observasi awal di SD Negeri Lemahduwur 01, ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada materi Asmaul Husna masih belum memuaskan. Banyak siswa yang kesulitan dalam memahami dan menghafal nama-nama Allah serta tidak mampu menerapkan maknanya dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PAIBP materi Asmaul Husna melalui penerapan metode Make a Match di kelas IV SD Negeri Lemahduwur 01 Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024/2025. Metode Make a Match dipilih karena kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang melibatkan dua siklus. Pada siklus pertama, guru menerapkan metode Make a Match dalam pengajaran materi Asmaul Husna dan mengumpulkan data hasil belajar siswa melalui tes, observasi, dan umpan balik. Berdasarkan hasil evaluasi siklus pertama, dilakukan perbaikan dan penyesuaian dalam siklus kedua untuk meningkatkan efektivitas metode tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Make a Match secara signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa pada tes akhir siklus kedua mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan nilai awal sebelum penerapan metode. Selain itu, siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan keterlibatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa metode Make a Match dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dalam materi PAIBP, khususnya pada pembelajaran Asmaul Husna.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Penerapan Model Pembelajaran Make A Match dan Hasil Belajar
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 21 May 2025 07:35
Last Modified: 21 May 2025 07:35
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13255

Actions (login required)

View Item View Item