Motivasi Belajar Siswa dalam Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) dengan Metode Pendekatan Mind Mapping

Ahmadun, Ahmadun (2024) Motivasi Belajar Siswa dalam Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ) dengan Metode Pendekatan Mind Mapping. [Research]

[img] Text
19. PTK_Ahmadun.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Motivasi belajar siswa merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran, termasuk dalam pelajaran Baca Tulis Al-Qur'an (BTQ). Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh metode pendekatan mind mapping terhadap motivasi belajar siswa dalam pelajaran BTQ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif, di mana data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang melibatkan siswa dan guru di kelas BTQ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode mind mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa secara signifikan. Siswa menjadi lebih antusias, kreatif, dan aktif dalam proses belajar. Mind mapping juga membantu siswa dalam memahami struktur dan konten Al-Qur'an dengan lebih baik, serta meningkatkan kemampuan mereka dalam mengingat informasi. Dengan demikian, penerapan metode ini dalam pembelajaran BTQ dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Baca Tulis Al-Qur'an, Mind mapping, Metode pembelajaran, Siswa
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 21 May 2025 08:26
Last Modified: 21 May 2025 08:26
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

View Item View Item