Upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyyah dengan teknik modelling siswa kelas ii semester i tahun pelajaran 2024 / 2025 SD Negeri 02 Serang

Sidik, Amin (2024) Upaya meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyyah dengan teknik modelling siswa kelas ii semester i tahun pelajaran 2024 / 2025 SD Negeri 02 Serang. [Research]

[img] Text
14. PTK_Amin Sidik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam dan pedoman hidup bagi setiap muslim. Al-Qur’an bukan sekedar memuat petunjuk tentang hubungan manusia dengan Tuhan, tetapi juga mengatur hubunganya manusia dengan sesamanya (hablun min Allāh wa hablun min an-nās), serta manusia dengan alam sekitar. Rumusan masalah pada penelitian tindakan ini adalah: Bagaimana keterampilan menulis huruf hijaiyah siswa kelas II SDN 02 Serang Petarukan Tahun Pelajaran 2024/2025 sebelum penerapan teknik modelling. Bagaimana penerapan teknik modelling pada kelas II SDN 02 Serang Petarukan Tahun Pelajaran 2024/2025. Apakah teknik modelling dapat meningkatkan keterampilan menulis huruf hijaiyyah siswa kelas II SDN 02 Serang Petarukan 2024/2025. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran menulis huruf hijaiyyah dengan baik dan benar, Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat agar bisa menemukan pengetahuan baru tentang cara meningkatkan keterampilan siswa kelas II dalam pembelajaran menulis huruf hijaiyyah. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah : Tes dan Non Tes yang meliputi observasi dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpul data yang digunakan lembar soal tulis,lembar pengamatan dan lembar dokumenter. Kesimpulan pada penelitian ini sebagai berikut : Ketrampilan menulis huruf hijaiyyah siswa kelas II SD Negeri 02 Serang Petarukan Tahun Pelajaran 2024/2025 sebelum dilakukan tindakan belum optimal, hal ini dapat diketahui dari hasil tes awal rata-rata kelas sebesar 69 dari KKM 65, dari hasil pra siklus siswa yang kemampuan menulis huruf hijaiyyahnya rendah / cukup dengan rentang nilai 41-60 adalah 12 (47%), yang kemampuan menulisnya baik dengan rentang nilai 61 80 adalah 14 (53%) siswa, sedangkan yang mendapat nilai sangat baik dengan rentang nilai 81-100 (0 %). Penerapan teknik modelling sangat tepat digunakan terutama untuk mata pelajaran PAI kelas II Kompetensi dasar menulis huruf hijaiyyah bersambung. Teknik modelling dapat meningkatkan ketrampilan menulis huruf hijaiyyah siswa kelas II SD Negeri 02 Serang Petarukan pada Tahun Pelajaran 2024/2025. Hal ini dapat diketahui dari siklus I rata-rata nilai 69 dengan perincian 7 siswa tidak tuntas sedangkan 19 siswa lainya tuntas. Adapun ketuntasan secara klasikal pada siklus I 73%. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 23%. Siswa yang tuntas sebanyak 25 atau 96% dan yang tidak tuntas sejumlah 1 siswa atau 4%. Adapun ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 98%.

Item Type: Research
Uncontrolled Keywords: keterampilan, hijaiyyah, teknik modelling
Subjects: 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 371.1 Teachers and Teaching/Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Profesi Guru
Depositing User: Nani Nuryani
Date Deposited: 21 May 2025 08:43
Last Modified: 21 May 2025 08:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13263

Actions (login required)

View Item View Item