Munafisa, Elinda (2022) Pengaruh Halal Tourism, Daya Tarik, Potensi Dan Harga, Terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Sigandu Batang. Undergraduate Thesis thesis, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pekalongan.
![]() |
Text
4117114 - Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4117114 - Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ELINDA MUNAFISA, Pengaruh Halal Tourism, Daya Tarik, Potensi, dan Harga, terhadap Minat Berkunjung Wisatawan Pantai Sigandu Batang. Pariwisata memiliki perkembangan dalam strukturnya. Saat ini perkembangan pariwisata yang sangat pesat dan menjadi trend dunia adalah pembangunan wisata halal. Wisata halal memberi pelayanan kepada wisatawan muslim yang ingin berwisata sesuai dengan prinsip-prinsip Islam, sehingga wisatawan akan merasa lebih nyaman dan aman dalam menikmati perjalanan wisata. Suatu objek wisata dapat dikenali masyarakat luas karena memiliki daya tarik dan potensi tersendiri, yang pada akhirnya mampu memunculkan rasa minat berkunjung dari seorang wisatawan. Tujuan dari penelitian ini ialah: 1) menguji pengaruh Halal Tourism terhadap minat berkunjung; 2) menguji pengaruh Daya Tarik terhadap Minat Berkunjung; 3) menguji pengaruh Potensi terhadap Minat Berkunjung; 4) menguji pengaruh Harga terhadap Minat Berkunjung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini yang menjadi populasi adalah wisatawan yang pernah mengunjungi Pantai Sigandu Batang. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan menggunakan sampel sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling dan untuk menentukan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel halal tourism berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel daya tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel potensi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Variabel harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung wisatawan. Kemudian variabel halal tourism, daya tarik, potensi, dan harga secara simultan juga berpengaruh posifif terhadap minat berkunjung. Hasil uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) menunjukkan nilai sebesar 0,240 atau 24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa sebesar 24% minat berkunjung ditentukan oleh halal tourism, daya tarik, potensi, dan harga. Sedangkan sisanya 76,0% dijelaskan di variabel lain yang tidak ada pada penelitian ini. Kata kunci: Halal Tourism, Daya Tarik, Potensi, Harga, Minat Berkunjung
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Halal Tourism, Daya Tarik, Potensi, Harga, Minat Berkunjung | ||||||||
Subjects: | 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 331.12 Labor Market/Pangsa Kerja | ||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Rizi Jawani | ||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 04:58 | ||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 04:58 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13353 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |