Fitriani, Fitriani (2020) Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kecepatan dan Debit di SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (2MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Kecepatan dan Debit di SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2019/2020. Analisis kesulitan belajar matematika dalam penelitian ini berdasarkan pada indikator kesulitan belajar matematika yang dikemukakan oleh Martini Jamaris, yaitu 1) Kelemahan dalam menghitung, 2) Kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, 3) Pemahaman bahasa matematika yang kurang, dan 4) Kesulitan dalam persepsi visual. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu 1) Apa saja kesulitan belajar matematika siswa pada materi kecepatan dan debit di SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa pada materi kecepatan dan debit di SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan? Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa pada materi kecepatan dan debit di SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan 2) Untuk mendeskripsikan upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa pada materi kecepatan dan debit di SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dilaksanakan dengan cara turun langsung ke tempat/lokasi yang dijadikan penelitian. Dan dalam penelitian ini yang menjadi tempat/lokasi penelitian adalah SD Muhammadiyah Tangkil Tengah Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sebanyak 5 orang siswa di kelas V yang mengalami kesulitan belajar matematika yaitu AM, GMP, MHA, MMI, MRM. Mereka termasuk ke dalam siswa yang berkesulitan belajar matematika karena mendapat nilai di bawah KKM pada latihan soal materi kecepatan dan debit. Kelima siswa tersebut mengalami kesulitan belajar matematika berupa kelemahan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, dan pemahaman bahasa matematika yang kurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Matematika, Kesulitan Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2021 01:33 | ||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2021 01:33 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1338 |
Actions (login required)
View Item |