Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan UMKM Kuliner Kecamatan Pekalongan Barat

Akmal, Achmad Nailul (2022) Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Promosi terhadap Tingkat Penjualan UMKM Kuliner Kecamatan Pekalongan Barat. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116183 - Bab 1&5.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2013116183 -Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2013116183 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Tingkat penjualan merupakan salah satu faktor penentu yang sangat berpengaruh terhadap pencapaian laba bersih, sedangkan keuntungan atau laba merupakan sarana yang penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan, maka dari itu perusahaan harus berusaha untuk menciptakan tingkat penjualan atau volume penjualan yang menguntungkan dan didukung oleh faktor lainnya seperti harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh dari variabel harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi terhadap tingkat penjualan UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pemilik UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat dengan teknik purposive sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis data uji Regresi Linier Berganda dengan bantuan SPSS versi 24. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel harga terhadap tingkat penjualan UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat dengan nilai t hitung 3,801 > t tabel 2,00324. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas produk terhadap tingkat penjualan UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat dengan nilai t hitung 3,818 > t tabel 2,00324. (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap tingkat penjualan UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat dengan nilai t hitung 5,261 > t tabel 2,00324. (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi terhadap tingkat penjualan UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat dengan nilai t hitung 4,069 > t tabel 2,00324. (5) variabel harga kualitas produk, kualitas pelayanan dan promosi secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat penjualan UMKM kuliner di Kecamatan Pekalongan Barat dengan nilai f hitung 43,497 > f tabel 2,54. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R2) sebesar 0,742 yang menunjukkan bahwa variabel independen harga, kualitas produk, kualitas pelayanan dan prmosi) secara simultan memberikan kontribusi terhadap variabel dependen (tingkat penjualan) sebesar 74,2% dan sisanya sebesar 25,8% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNasrullah, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Harga, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, promosi, Tingkat Penjualan.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:43
Last Modified: 04 Jun 2025 02:43
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item