Pengaruh hedonic shopping motivation dan promosi penjualan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel intervening pada aplikasi shopee (studi kasus pada mahasiswa

Iroqi, Zaiul (2022) Pengaruh hedonic shopping motivation dan promosi penjualan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel intervening pada aplikasi shopee (studi kasus pada mahasiswa. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2013116068 - Bab1&5.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2013116068 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2013116068 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat. Hal ini tidak terlepas dari peran internet dalam mengakses informasi dan komunikasi. Kini internet telah menjadi kebutuhan masyarakat, sebagaimana pengguna internet semakin meningkat, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pasar potensial bagi e-commerce. Salah satu e-commerce yang banyak diminati konsumen adalah Shopee. Banyaknya persaingan dalam bisnis ecommerce menuntut pelaku bisnis untuk bisa memahami perilaku konsumen agar dapat menciptakan pembelian atas barang dan jasa yang ditawarkan. Pembelian impulsif merupakan perilaku konsumen yang menarik bagi para pelaku bisnis, dengan tindakan impulsif tersebut produk dan jasa yang ditawarkan akan lebih mudah terjual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hedonic shopping motivation dan promosi penjualan terhadap impulse buying dengan emosi positif sebagai variabel intervening pada aplikasi shopee pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pekalongan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Sumber data diperoleh dari data primer. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode angket (kuesioner) dengan menggunakan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian variabel hedonic shopping motivation dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap emosi positif. Variabel hedonic shopping motivation dan emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Variabel promosi penjualan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying. Variabel hedonic shopping motivation dan promosi penjualan berpengaruh positif dan siginifikan terhadap impulse buying melalui emosi positif sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: hedonic shopping motivation, promosi penjualan, impulse buying dan emosi positif
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 04 Jun 2025 03:21
Last Modified: 04 Jun 2025 03:21
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13483

Actions (login required)

View Item View Item