Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas Vii Di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan

RISKINA, NAILI (2025) Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas Vii Di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121047_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121047_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121047_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penggunaan model pembelajaran yang menarik dan menyenangkan akan sangat berpengaruh pada suasana belajar dikelas. Untuk menanggulangi hal tersebut perlunya strategi guru dalam proses pembelajarannya yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang tepat demi kelangsungan proses pembelajaran yang baik. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana implementasi model pembelajaran berbasis discovery learning pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan?, 2) Faktor Apa saja yang mendukung dan menghambat model pembelajaran berbais discovery learning pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan? Pemeliti dalam penelitian ini menggunkan jenis penelitian berupa penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, adapun sumber data primer pada penelitian ini yaitu wawancara kepada kepala Sekolah SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan dan guru PAI di SMP NU Karangdadap. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen-dokumen yang mendukung penelitian ini, berupa RPP dan dokumen-dokumen lain dalam melakukan penelitian di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa penerapanya pembelajaran sesuai dengan Langkah-langkah model Discovery Learning yaitu: 1) Stimulation (Pemberi Rangsangan), 2) Problem Statement ( Identifikasi Masalah), 3) Data Collection (Pengumpulan Data), 4) Data Procesing (Pengolahan Data), 5) Verificattion (Pembuktian), 6) Generalization (Menarik Kesimpulan). Semua tahapan tersebut berhasil dilaksanakan dengan baik, Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi model pemebelajaran berbasis discovery learning pada mata pelajaran Fikih siswa kelas VII di SMP NU Karangdadap Kabupaten Pekalongan, dianatarnya faktor pendukung peran guru yang aktif, sikap postif siswa, penggunaan media pembelajaran, lingkungan belajar yang kondusif, kesempatan untuk berkolaborasi. Sedangkan faktor penghambatnya, kurangnya ketrampilan guru, keterbatasan waktu, resistensi siswa terhadap model baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSolehuddin, Moh. SugengUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Discovery Learning, Pembelajaran Fikih
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 12 Jun 2025 07:28
Last Modified: 12 Jun 2025 07:28
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13529

Actions (login required)

View Item View Item