Dewi, Susiana (2025) Efektivitas Metode Create Case Studies Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs 45 Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121122_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121122_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121122_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan berpikir kritis serta minat belajar siswa dalam mata pelajaran fikih. Kondisi ini disebabkan oleh pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru (teacher centered) dan penggunaan metode konvensional yang kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan suatu inovasi dalam pembelajaran, salah satunya dengan menerapkan metode Create Case Studies yang lebih interaktif, guna mendorong keterlibatan aktif siswa serta memperdalam pemahaman mereka terhadap hukum Islam dalam konteks kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) menganalisis efektivitas metode Create Case Studies dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII pada mata pelajaran fikih di MTs 45 Wiradesa, (2) mengetahui sejauh mana metode tersebut dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran yang sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode True Experiment, dan desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs 45 Wiradesa, Kabupaten Pekalongan, yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan metode Create Case Studies, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode ceramah konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non-tes. Data yang diperoleh dari tes objektif dianalisis menggunakan berbagai uji statistik, antara lain: uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji-t, serta perhitungan N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode Create Case Studies lebih unggul dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan kedua variabel yang diteliti. Pada kelas eksperimen, terjadi peningkatan signifikan pada nilai rata-rata posttest berpikir kritis dari 43,61 menjadi 78,75, serta peningkatan minat belajar dari 51,11 menjadi 82,61. Uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar daripada t tabel pada taraf signifikansi < 0,05, yang menandakan adanya perbedaan yang signifikan. Selain itu, hasil perhitungan N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis sebesar 62,6% dan minat belajar sebesar 62,3%, yang tergolong dalam kategori cukup efektif. Nilai R Square sebesar 20,8% untuk kemampuan berpikir kritis dan 45,1% untuk minat belajar juga mengindikasikan bahwa metode ini memberikan kontribusi yang nyata terhadap peningkatan kualitas pembelajaran fikih di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode CCS, Berpiki Kritis dan Minat Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 12 Jun 2025 07:03 | ||||||||
Last Modified: | 12 Jun 2025 07:03 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13536 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |