Praktek Endorsment Di Media Sosial Instagram Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Endorser Kota Pekalongan)

Arbania, Vina (2021) Praktek Endorsment Di Media Sosial Instagram Prespektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus Endorser Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4117226 - Bab1&5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4117226 - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
4117226 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mengidentifikasi mengenai praktek endorsement di media sosial instagram di Kota Pekalongan dalam prespektif Etika Bisnis Islam. Penelitian ini dilakukan pada bulan juli 2021 hingga Agustus 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Data yang diperoleh berasal dari lima key informan terdiri dari para endorser Pekalongan, online shop, dan konsumen melalui wawancara, serta observasi. Penelitian ini dilakukan di lokasi kota Pekalongan dan Objek dalam penelitian ini adalah para endorser Pekalongan yaitu Salah satunya Endorser yang lagi Hits se-kota Pekalongan dan sekitarnya adalah @ameliajovanie dan @arinna_mazaya. Proses penelitian ini terdapat beberapa tahapan yang dilakukan, yaitu: penelusuran literature buku dan referensi pendukung penelitian, memahami latar penelitian, mengumpulkan data, melakukan serangkaian proses analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil penelitian yang telah ditemukan, bahwa endorser Kota Pekalongan yang menjadi subjek penelitian masih menjaga etika bisnis mereka saat mempromosikan produk, seperti memiliki spritual taqwa, berperilaku simpatik, berlaku adil, tidak menjelek-jelekkan produk lain, tidak berburuk sangka, jujur dan terpercaya ,tidak menerima suap, menepati janji dan tidak curang. Para endorser Kota Pekalongan cenderung memberikan testimonial yang baik, mambangun, dan menjalankan apa yang diamanahkan kepada mereka. Maka memperoleh kesimpulan bahwa endorser di kota Pekalongan dalam kegiatan endorsement nya sudah sesuai dengan etika bisnis Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRismawati, Shinta DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Endorsement, Etika Bisnis Islam, Media Sosial Instagram
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: Ida Royani
Date Deposited: 11 Jun 2025 07:01
Last Modified: 11 Jun 2025 07:01
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13537

Actions (login required)

View Item View Item