Roini, Aghna Fida (2022) Pengaruh inovasi produk, orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran (Studi Kasus Pedagang Grosir Batik Setono Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4117223-Bab1&5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4117223-Fulltext.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4117223-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Bisnis pada masa sekarang terjadi persaingan yang semakin ketat. Hal ini disebabkan karena image kota Pekalongan sebagai kota batik dan semakin maraknya bisnis dalam usaha batik di Pekalongan, maka menjadikan persaingan semakin tinggi dan pedagang harus mampuyai kinerja pemasaran dalam bisnisnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh antara inovasi produk, orientasi pasar dan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran. Jenis penelitian ini explanatory research dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang grosir batik setono Pekalongan. Adapun subjek penelitian ini adalah grosir batik setono Pekalongan. Objek penelitian ini adalah pedagang grosir batik setono Pekalongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling yang berarti semua populasi mempunyai peluang untuk menjadi sample. Jenis data yang digunakan yaitu data primer. Data primer dengan penyebaran kuesioner kepada responden. Dan untuk menguji hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan dan positif inovasi produk terhadap kinerja pemasaran dengan signifikansi 0,001 < 0,05 dan nilai t hitung 3,620 > t tabel 1,662. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran dengan signifikansi 0,004 < 0,05 dan nilai t hitung 2,935 > t tabel 1,662. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran dengan signifikansi 0,004 < 0,05 dan nilai t hitung 2,985 > t tabel 1,662. 4) variabel inovasi produk, orientasi pasar dan keunggulan bersaing secara simultan mempengaruhi kinerja pemasaran dengan nilai F hitung 24,670 sebesar > F tabel 2,725. dan koefisien determinasi (R ) penelitian ini sebesar 0,473 atau 47,3% dan sisanya 52,7% di pengaruhi variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing, Kinerja Pemasaran. | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah | ||||||||
Depositing User: | Ida Royani | ||||||||
Date Deposited: | 11 Jun 2025 07:20 | ||||||||
Last Modified: | 11 Jun 2025 07:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |