Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Moralitas Siswa Di Mts Tholabuddin Warungasem Batang

Iktafana, Itsna Azkya (2025) Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Membentuk Moralitas Siswa Di Mts Tholabuddin Warungasem Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121112_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121112_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2121112_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Pendidikan Agama Islam memiliki peran krusial dalam membentuk moralitas peserta didik melalui internalisasi nilai-nilai etika dan spiritual yang menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Internalisasi ini dilakukan melalui berbagai aktivitas keagamaan di lingkungan sekolah, seperti pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan doa bersama. Namun, masih ditemukan sejumlah permasalahan moral dan kedisiplinan siswa, seperti rendahnya sopan santun terhadap guru, seringnya membolos, keterlambatan datang ke sekolah, serta kurangnya rasa tanggung jawab. Fenomena penggunaan sepeda motor oleh siswa secara bebas menjadi salah satu indikator rendahnya kesadaran terhadap nilai-nilai kedisiplinan dan tanggung jawab yang mendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi nilai-nilai Agama Islam yang terkandung dalam kegiatan keagamaan di MTs Tholabuddin; (2) menganalisis proses internalisasi nilai-nilai tersebut dalam membentuk moralitas siswa; dan (3) mengeksplorasi strategi internalisasi nilai-nilai Agama Islam yang diterapkan melalui kegiatan keagamaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Informan penelitian dipilih secara purposive, meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan siswa. Analisis data dilakukan melalui empat tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan yang dilakukan mengandung nilai-nilai keagamaan seperti nilai aqidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak. Setiap kegiatan keagamaan yang dilakukan sejatinya mengandung ketiga nilai ajaran Islam yang tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Dalam proses Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam melibatkan tiga tahap, yaitu transformasi, transaksi, dan transinternalisasi. Guru berperan sebagai pendamping dan teladan dalam proses internalisasi ini. Proses internalisasi nilai merupakan proses yang panjang dan terkait satu sama lain serta melibatkan berbagai macam pihak. Selanjutnya strategi Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam yang dilakukan menggunakan beberapa strategi untuk menginternalisasikan nilai-nilai Pendidikan Agama Islam, seperti keteladanan, pembiasaan, pemberian nasihat, janji dan ancaman, serta kedisiplinan. Terdapat beberapa strategi yang efektif untuk menginternalisasikan Nilai-Nilai Agama Islam dalam diri siswa, sehingga terbentuk moralitas yang kuat sesuai dengan ajaran Agama Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnggraeni, DewiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam, Moralitas.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 16 Jun 2025 07:00
Last Modified: 16 Jun 2025 07:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item