Toleransi beragama sebagai nilai pendidikan islam dalama film tanda tanyaa karya Hanungabramantyo

Inayatilah, Inayatilah (2020) Toleransi beragama sebagai nilai pendidikan islam dalama film tanda tanyaa karya Hanungabramantyo. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman, kesatuanaharmoni, ras, suku bangsa, budaya, adataistiadat, bahasa dan juga agama. Dalam keragaman tersebut sudah sepatut nya disyukuri keberadaannya. Namun yang terjadi keragaman yang ada seringkali memicu konflik antar kelompok yang berbeda. Hal tersebut ditandai dengan kasus intoleransi, yang masih saja mengintai persaudaraan antar sesame manusia. Perbedaan suku, rasadanagama nampaknya ikut memicuaterjadinya konflik intoleransi, seperti yang terjadi antara sukuaAceh dan suku Batak Sumatra Utara, Suku Aceh yangaberagama Islam dan Suku Batak yang beragama Kristen, kedua suku tersebut hampir selalu hidup dalam ketegangan, bahkanadalam konflik fisik sering terjadi sehingga merugikan ketentramanadan keamanan. Menyikapi hal tersebut, pendidikan mempunayi peranan penting untuk membentuk individu yang mempu berfikir secara luas dan menjadi manusia yang berakhlak. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentunya peran guru sangatlah berpengaruh dalam hal ini. Seirin gperkembangan zaman teknologi semakin berkembang tentunya menjadi tugas civitas akademika untuk lebih mengembangkan model pendidikan karakter melalui berbagai ide yang kreatif,kolaboratif, inovatif dengan mengedepankan profesionalitas sehingga melahirkan siswa yang berkarakter. Adapun penanaman nilai-nilai pendidikan juga dapat terinternalisasikandalamberbagai media apapun, termasuk film. Film Tanda Tanya adalah salah satu film yan gkisahnya banyak mengajarkan kepada masyarakat untuk bersikap baik kepada sesame manusia, terutama sikap toleransi terhadap perbedaan keyakinan beragama. Misalnya dalam adegan saat Tan Kat Sun mengingatkan menu kuntu kmenunaikan sholat tepat waktunya. Begitu pun dalam adegan lain ketika Oramas Islam yang ikut membantu menjaga keamanan pada acara paskah di gereja dan berbagaia degan lain yang menggambarkan sikap toleransi beragama.Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisisisi (contenanalisis) yang dalam penyusunannya peneliti mengamati isi dar isebuah film kemudian di kaitkan dengan teori yang ada untuk mengetahui hasil dari penelitian tersebut apakah toleransi beragama dalam film tersebut terdapat kaitannya dengan nilai pendidikan islam atau tidak. Adapun hasil dari pengamatan film tersebut, terdapat kesesuaian antara isi film dengan nilai pendidikan islam. Bahw toleransi beragama yang tertuang dalam film “?” tanda Tanya terdapat relevasinya dengan pendidikan islam yaitu memberikan kebebasanberagana, mengakui hak setiap orang, menghormati keyakinan orang lain, saling mengerti dan memberikan kebebasan beragama. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan islam yaitu membentuk peserta didik yang berakhlak dan mempu menjadi manusia yang memanusiakan manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKholis, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: NilaiPendidikan Islam, Toleransi, Film Tanda Tanya
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:04
Last Modified: 11 Jun 2021 03:04
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item