Strategi Holistik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Bullying Di Sekolah Smpit Assalaam Kota Pekalongan

Santoso, Achmad Erwin (2025) Strategi Holistik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Bullying Di Sekolah Smpit Assalaam Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223020 - Bab I & BAb VII.pdf

Download (1MB)
[img] Text
50223020 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
50223020 - Lampiran.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Bullying merupakan salah satu permasalahan serius dalam dunia pendidikan yang dapat berdampak negatif terhadap perkembangan psikologis, sosial, dan spiritual peserta didik. Sebagai sekolah berbasis Islam, SMPIT Assalaam Pekalongan memiliki tanggung jawab besar untuk menanamkan nilai-nilai akhlak mulia dalam mencegah perilaku bullying di lingkungan sekolah dan asrama. Melalui pendekatan strategi guru pendidikan Islam yang holistik, sekolah ini berupaya menciptakan lingkungan yang aman, religius, dan berkarakter. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi holistic guru pendidikan Islam diterapkan dalam mencegah bullying di SMPIT Assalaam Pekalongan dan sejauh mana efektivitas dari strategi tersebut. Fokus penelitian diarahkan pada bentuk strategi, implementasi, serta efektivitas keberhasilan program yang dijalankan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Kondensasi Data, Penyajian Data dan Penarikan Simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi holistik guru pendidikan Islam yang diterapkan meliputi pembiasaan budaya positif (seperti budaya sholat, jaga lisan, dan 5S), edukasi bullying melalui seminar dan konseling, penegakan disiplin dengan matrik aturan, sistem jaga malam oleh wali asrama, dan dukungan sarana seperti CCTV. Strategi ini dinilai cukup efektif dalam menurunkan angka kasus bullying, membentuk lingkungan yang lebih religius dan harmonis, serta meningkatkan kesadaran moral siswa. Keberhasilan strategi sangat dipengaruhi oleh konsistensi pelaksanaan dan kolaborasi seluruh pihak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMuhlisin, Muhlisin197007061998031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRohman, Taufiqur198210012023211016UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Bullying, Strategi Holistik, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jun 2025 02:13
Last Modified: 23 Jun 2025 02:13
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13663

Actions (login required)

View Item View Item