Rachmadani, Sekar Ayu (2025) Peran Guru Tahfidzul Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Pada Peserta Didik Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah Wiradesa. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121060_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121060_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
Text
2121060_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sekar Ayu Rachmadani. 2121060. 2025. Peran Guru Tahfidzul Qur‟an Dalam Meningkatkan Kemampuan Hafalan Pada Peserta Didik Kelas VII Di Smp Muhammadiyah Wiradesa. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan Agama Islam, UIN K. H. Abdurrahman Wahid pekalongan, Pembimbing: Mohammad Syaifuddin, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Tahfidzul Qur’an, Kemampuan Guru tahfidz berperan penting dalam membimbing hafalan AlQur‟an secara benar. Di SMP Muhammadiyah Wiradesa, meski program tahfidz sudah sistematis, masih ada kendala seperti hafalan lambat, bacaan kurang tepat, dan siswa mudah lupa. Penelitian ini mengkaji upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut agar kualitas hafalan peserta didik meningkat. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk Mendeskripsikan Bagaimana Peran Guru Tahfidzul Qur‟an Dalam Meningkatkan Kemampuan HafalanPada Peserta Didik Kelas VII di SMP Muhammadiyah Wiradesa. (2) Untuk Mendeskripsikan Apa Saja Hambatan-hambatan Guru Tahfidzul Qur‟an Dalam Meningkatkan Hafalan Peserta Didik Kelas VII di SMP Muhammadiyah Wiradesa. (3) Untuk Mendeskripsikan Apa Saja Solusi Guru Tahfidzul Qur‟an Dalam Mengatasi Hambatan Dalam Menghafal Al-Qur‟an Peserta Didik Kelas VII di SMP Muhammadiyah Wiradesa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mengambil data di SMP Muhammadiyah Wiradesa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman and Saldana dengan cara mengkondensasi data, display data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran Guru Tahfidz di SMP Muhammadiyah Wiradesa sangat penting dalam meningkatkan hafalan peserta didik melalui metode Talaqqi, Takrir, muroja‟ah, dan evaluasi rutin. Namun, terdapat beberapa hambatan dalam proses hafalan, seperti keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya dukungan orang tua, serta kesulitan peserta didik dalam menghafal dan menjaga hafalan. Untuk mengatasi hambatan tersebut, guru menerapkan berbagai solusi, seperti peningkatan fasilitas, kerja sama dengan orang tua, penggunaan metode hafalan yang efektif, serta xi pemberian motivasi guna membangun kesadaran peserta didik dalam menghafal Al-Qur‟an secara optimal
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Tahfidzul Qur’an, Kemampuan | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 23 Jun 2025 06:35 | ||||||||
Last Modified: | 23 Jun 2025 06:35 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13692 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |