Kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas ix di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang

Kasifaora, Atika Norlova (2020) Kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas ix di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, IAIN Pekalongan.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Masalah kreativitas yang dihadapi guru sejarah kebudayaan Islam adalah masalah yang krusial dalam proses pembelajaran, mengingat bahwa sejarah kebudayaan Islam adalah salah satu mata pelajaran yang sukar dan membosankan bagi peserta didik. Dengan hal tersebut penulis tertarik untuk dikaji dalam penelitian skripsi. Meskipun MTs Assaid Cokro sudah tergolong MTs yang mempunyai media yang cukup memadai, apakah guru sejarah Kebudayaan Islam mempunyai inovasi dalam proses pembelajaran atau tidak. Rumusan dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang?Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang? Jenis penelitian yang digunakan adalah fiel research (penelitian lapangan). Sedangkan pendekatan dalam penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunkan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang ada, akan digunakan analisis data kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: Pertama, kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang diwujudkan dengan peran serta upaya-upaya guru sejarah kebudayaan Islam dalam membangun motivasi belajar antara lain mempersiapkan materi sebelum pembelajaran dimulai, melakukan pendekatan sebelum memulai pembelajaran, mengaitkan materi dengan kehidupan jaman sekarang, mengolah kelas, melakukan evaluasi pembelajaran, memperjelas tujuan yang ingin dicapai, membangkitkan minat peserta didik, ciptakan suasana yang menyenangkan dalam belajar, berilah pujian yang wajar setiap keberhasilan peserta didik, memberikan penilaian langsung, pemberian pujian, memberikan komentar positif, pemberian hukuman. Kedua, Faktor pendukung kreativitas guru dalam membangun motivasi belajar pesera didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam kelas IX di MTs Assaid Cokro Kecamatan Blado Kabupaten Batang, antara lain : faktor internal yakni panggilan dari hati nurani, percaya diri, menggunakan suara yang keras, faktor eksternal yakni sarana prasarana,orang tua, lingkungan, faktor penghambat antara lain : faktor internal yakni takut gagal, waktu , faktor eksternal yakni kurangnya kedisiplinan anak, peserta didik yang menyepelekan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKhobir, AbdulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Guru, Upaya Membangun Motivasi Belajar
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Markholis Markholis
Date Deposited: 11 Jun 2021 03:05
Last Modified: 11 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1370

Actions (login required)

View Item View Item