Khasanah, Karismatun (2025) Strategi Bauran Pemasaran 7P Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Pada Produk Simpanan Emas (Studi Kasus: KSPPS Baitut Tamwil Tazakka). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
4221050_Cover_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4221050_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
4221050_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya jumlah anggota produk Simpanan Emas di KSPPS Baitut Tamwil Tazakka Pekalongan meskipun tren investasi emas di masyarakat terus meningkat. Permasalahan utama yang diangkat adalah belum optimalnya strategi pemasaran yang digunakan dalam menarik minat anggota. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi bauran pemasaran 7P dan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman (SWOT) terhadap strategi pemasaran produk Simpanan Emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling untuk memastikan relevansi data yang diperoleh. Informan tersebut terdiri dari manajer, marketing, accounting, serta beberapa anggota yang menggunakan produk Simpanan Emas di KSPPS Baitut Tamwil Tazakka Pekalongan. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik untuk meningkatkan validitas dan kepercayaan terhadap data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi strategi bauran pemasaran 7P telah dilakukan, namun masih belum optimal, terutama pada aspek promosi digital yang belum didukung oleh SDM berpengalaman. Selain itu, kelemahan lain adalah tidak adanya sertifikat resmi kepemilikan emas hanya berupa kwitansi yang dapat menurunkan kepercayaan calon anggota. Analisis SWOT menunjukkan bahwa produk memiliki kekuatan seperti berbasis syariah dan harga kompetitif, serta peluang berupa minimnya pesaing syariah di wilayah Pekalongan. Namun, kelemahan seperti rendahnya literasi keuangan dan persaingan dari platform digital menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini menghadirkan pendekatan yang lebih komprehensif dibandingkan penelitian sebelumnya dengan menggabungkan strategi 7P dan analisis SWOT secara mendalam. Penelitian ini menghadirkan pendekatan yang lebih komprehensif dibandingkan penelitian sebelumnya dengan menggabungkan strategi pemasaran 7P dan analisis SWOT secara mendalam pada produk Simpanan Emas berbasis syariah di koperasi. Pendekatan ini memberikan kontribusi strategis dalam merumuskan pengembangan pemasaran produk investasi emas yang sesuai dengan karakteristik lembaga keuangan syariah di tingkat daerah. Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Simpanan Emas, Analisis SWOT, Koperasi Syariah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran 7P, Simpanan Emas, Analisis SWOT, Koperasi Syariah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Febi | ||||||||
Date Deposited: | 24 Jun 2025 03:20 | ||||||||
Last Modified: | 24 Jun 2025 03:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13706 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |