Nilai-Nilai Toleransi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma N 1 Kajen Pekalongan

Qodir, Muhammad Fatkhul (2025) Nilai-Nilai Toleransi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma N 1 Kajen Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
50223026 - Bab I & Bab VII.pdf

Download (2MB)
[img] Text
50223026 - Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
50223026 - Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Toleransi beragama merupakan salah satu aspek penting dalam menciptakan kehidupan sosial yang harmonis, terutama di lingkungan pendidikan. Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran strategis dalam membangun sikap tasamuh atau sikap saling menghargai antar umat beragama. Pendidikan agama Islam merupakan sekian mata pelajaran yang dapat digunakan sebagai ruang untuk membentuk nilai-nilai, moral, karakter, dan perilaku manusia. SMA N 1 Kajen guru dan peserta didik memiliki beragam latar belakang, baik dari segi sosial, ekonomi maupun agama. Di antaranya, ada guru dan peserta didik yang non-Islam, meskipun mayoritas guru dan peserta didik memeluk agama Islam. Mengingat keberagaman yang ada, pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA N 1 Kajen Kabupaten Pekalongan harus terus menanamkan nilai-nilai toleransi. Hal ini bertujuan untuk mengajak peserta didik yang memiliki sikap tasamuh, yaitu kemampuan untuk menghormati dan menghargai perbedaan dengan orang lain. Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi tiga aspek utama: (1). Mengapa nilai-nilai toleransi penting dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kajen? (2). Bagaimana nilai-nilai toleransi di realisasikan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kajen? (3). Apa dampak dari pembangunan nilai-nilai toleransi pada proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA N 1 Kajen? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pentingnya nilai-nilai toleransi dalam proses pembeajaran PAI, bagaimana nilai-nilai tersebut di realisasikan dalam proses pembelajaran PAI, serta dampaknya terhadap peserta didik di SMA N 1 Kajen Pekalongan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan kepala sekolah, guru PAI, serta siswa yang memiliki latar belakang agama yang beragam. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan berdasarkan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai toleransi di SMA N 1 Kajen diterapkan melalui berbagai strategi, seperti penguatan materi ajar, pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari, serta kegiatan sekolah yang mengedepankan nilai-nilai keberagaman. Implementasi nilai-nilai toleransi ini berdampak positif dalam meningkatkan sikap tasamuh siswa, menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, serta mengurangi potensi konflik berbasis perbedaan keyakinan. Kesimpulannya, pembelajaran PAI yang berbasis nilai-nilai toleransi berperan penting dalam membentuk sikap tasamuh di lingkungan sekolah. Oleh karena itu, diperlukan upaya berkelanjutan dari pihak sekolah, guru, serta pemangku kebijakan pendidikan dalam menanamkan sikap toleransi sejak dini. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan model pembelajaran yang lebih inklusif dan berbasis nilai-nilai kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohayana, Ade Dedi197101151998031005UNSPECIFIED
Thesis advisorUntung, Slamet196704211996031001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Toleransi, Pendidikan Agama Islam, SMA N 1 Kajen
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Pascasarjana
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:19
Last Modified: 02 Jul 2025 04:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13720

Actions (login required)

View Item View Item