Deliya, Deliya (2025) Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam-Budi Pekerti Kelas VIII Smp Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121179_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121179_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121179_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Hasil belajar menjadi indikator utama yang digunakan untuk menilai perubahan yang terjadi pada peserta didik setelah menjalani proses pembelajaran.. Transformasi ini terwujud dalam ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan, yang dapat diidentifikasi dan diukur secara sistematis. Hasil dari proses pembelajaran ini tercermin melalui nilai yang diraih siswa setelah menjalani evaluasi formal. Meski demikian, fakta menunjukkan bahwasanya sejumlah besar siswa masih menunjukkan capaian belajar yang jauh dari optimal. Fenomena rendahnya pencapaian akademik ini telah menjadi tantangan kritis dalam dinamika pembelajaran di institusi pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan guna menganalisis pengaruh kecerdasan intelektual dalam kemampuan berpikir kritis serta motivasi belajar terhadap capaian hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam-Budi Pekerti, sehingga diharapkan mampu memberikan kontribusi terhadap pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif dalam upaya meningkatkan mutu proses pendidikan di lingkungan akademik. Penelitian ini memiliki tiga rumusan masalah, di antaranya adalah: (a) Bagaimana pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam-Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni?, (b)Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam-Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni?, (c) Apakah ada pengaruh antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam -Budi Pekerti kelas VIII SMP Negeri 1 Kedungwuni? Metode penelitian yang dipergunakan yaitu pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada responden. Berdasarkan hasil penelitian secara simultan kedua variabel berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Kontribusi motivasi belajar tergolong besar dengan koefisien regresi 1,712, menunjukkan pentingnya dorongan internal dan eksternal dalam pembelajaran nilai-nilai agama dan moral. Sekitar 50,6% variasi hasil belajar dijelaskan oleh kedua variabel tersebut, sementara sisanya dipengaruhi faktor lain seperti metode mengajar dan lingkungan. Hasil ini menegaskan perlunya strategi pembelajaran yang lebih menekankan pengembangan motivasi intrinsik siswa agar lebih menghayati dan mengamalkan ajaran Pendidikan Agama Islam-Budi Pekerti dalam kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Hasil Belajar | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 04:31 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 04:31 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13744 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |