Pengaruh Persepsi, Religiusitas dan Promosi Terhadap Minat Menabung Santri di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Santri Mukim Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah).

Ma'rifah, Umi (2025) Pengaruh Persepsi, Religiusitas dan Promosi Terhadap Minat Menabung Santri di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Santri Mukim Pondok Pesantren Bustanul Mansuriyah). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221026_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4221026_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4221026_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Minat menabung dapat diartikan sebagai keinginan yang muncul dari diri sendiri tanpa dipaksa oleh orang lain untuk menyimpan uang, keinginan tersebut berasal dari keinginan atau daya tarik terhadap barang atau jasa yang belum terpenuhi. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh persepsi, religiusitas dan promosi terhadap minat menabung santri di Bank Syariah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui kuesioner yang diukur menggunakan skala likert. Sampel penelitian terdiri dari santri mukim yang dipilih secara purposive sampling sebanyak 117. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS statistics 25 untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel independen terhadap minat menabung di bank syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi dan religiusitas secara signifikan berpengaruh positif terhadap minat menabung santri di bank syariah. Selain itu, promosi juga memberikan kontribusi terhadap peningkatan minat menabung, meskipun pengaruhnya tidak sebesar dua variabel sebelumnya. Secara simultan, persepsi, religiusitas, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap minat menabung santri di Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRohmah, Syifa199408222022032001UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Religiusitas, Promosi, Minat Menabung
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:44
Last Modified: 30 Jun 2025 07:44
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13788

Actions (login required)

View Item View Item