Maulana, Hasbi (2025) Strategi Komunikasi Dakwah Gus Yusuf Chudlori Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Bagi Generasi Z Pada Akun Instagram @GUSYUSUFCHANNEL. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421127_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3421127_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3421127_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (543kB) |
Abstract
Penelitian yang dilatarbelakangi pendapat Profesor Abdul Mu’ti pada tahun 2023, bahwa pemahaman generasi Z rendah,. Menurutnya, generasi Z menganggap bahwa agama tidak terlalu diperlukan dalam kehidupan. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin meneiliti terkait strategi komunikasi dakwah melalui pendakwah Gus Yusuf Chudlori pada akun Instagramnya @gusyusufchudlori dalam meningkatkan pemahaman generasi Z. Survei Nasional Media dan Agama (2021) juga menemukan bahwa generasi milenial dan generasi Z generasiyang paling rendah religiusitasnya. Rumusan masalahnya ialah bagaimana Strategi Komunikasi Dakwah Gus Yusuf Chudlori dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Generasi Z pada Akun Instagram @gusyusufchannel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Dakwah Gus Yusuf Chudlori dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Generasi Z pada Akun Instagram @gusyusufchannel. Manfaat penelitian ini ialah agar kelak bisa menyumbang pemikiran terhadap suatu permasalahan yang ada kaitannya dengan strategi komunikasi dakwah di media sosial terutama Instagram. Metode yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan field research (virtual) melalui observasi, dokumentasi, dan pengambilan sampel secara purposive sampling. Penelitian ini menggunakan analisis Teori Strategi Dakwah Muhammad Abu Al-Fath Al-Bayanuni Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Gus Yusuf menggunakan strategi dakwah Al Bayanuni melalui model atau gaya ceramahnya dengan memberikan nasihat yang baik, juga santun dalam strategi Manhaj Al Athifi. Mad’u mengambil pelajaran yang baik dalam kisah yang diceritakan oleh Gus Yusuf pada strategi Manhaj Al Aqli dan menggunakan strategi manhaj Al Hissi (indrawi/tajribu)(eksperimen) saat dakwahnya barangkali menjadi “sayyidul ayam”. Kesimpulan penelitian Gus Yusuf menggunakan strategi dakwah Al Bayanuni namun pada hal meningkatkan pemahaman generasi Z terlihat pasif karena hanya mendapatkan satu buah komentar dari seluruh sampel yang diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Dakwah, Gus Yusuf, Generasi Z | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 07:15 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 07:15 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13794 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |