Strategi Guru Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V Di SDN 04 Wonokerto Kulon

Kuswahadah, M. Asobiyah (2020) Strategi Guru Dalam Membentuk Kedisiplinan Peserta Didik Kelas V Di SDN 04 Wonokerto Kulon. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.

[img] Text
Cover Hal I dan V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
Official URL: http://perpustakaan.iainpekalongan.ac.id/

Abstract

Kedisiplinan sangat penting untuk kemajuan sekolah itu sendiri. Sekolah yang tertib akan menciptakan suasana pembelajaran yang baik. Untuk menerapkan kedisiplinan bagi peserta didiknya seorang guru perlu mempunyai strategi tersendiri agar tercapai tujuan yang diinginkan. Dengan peraturan yang telah dibuat tentu harus bisa dilaksanakan dengan baik, hal ini juga bisa meningkatkan kedisiplinn bagi peserta didiknya. Contohnya para dewan guru memeriksa perlengkapan dan atribut para siswa ketika akan masuk ke ruang kelas. Hal ini dilakukan agar dapat tertib dan bisa mematuhi peraturan yang telah ada. Guru juga membiasakan siswa agar membawa tempat minum sendiri kemudian diletakkan di tempat yang telah disediakan. Bagi siswa yang melanggar peraturan sekolah akan diberi teguran atau dihukum dengan menjawab soal. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1.Bagaimana strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik kelas V di SDN 04 Wonokerto? Dan 2.Apa Faktor pendukung dan penghambat srategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik kelas V di SDN 04 Wonokerto?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan strategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik kelas V di SDN 04 Wonokerto dan Untuk mendeskripsikan Faktor pendukung dan penghambat srategi guru dalam membentuk kedisiplinan peserta didik kelas V di SDN 04 Wonokerto. Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan fenomena yang merupakan turunan dari filosofi fenomenologi. Dalam pandangan fenomenologis berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang dalam situasi-situasi tertentu.. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokumentasi.Metode analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis Reduksi Data dan Verifikasi Kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam membentuk kedisiplinan dimulai dari memberikan teladan, berdoa, menerapkan s3(senyum, salam, da sapa), memberikan apresiasi kepada peserta didik yang berhasil menerapkan kedisiplinan, memberikan reward karena dengan reward ini bisa memotivasi peserta didik dan berlomba-lomba untuk disiplin, strategi yang terakhir yaitu dengan mengawasi anak dalam pergaulan.Faktor yang menjadi pendukung terbentuknya kedisiplinan siswa yaitu dilingkungan sekolah terutama figur guru. Sedangkan faktor penghambatnya Kebiasaan diluar yang tidak memberikan contok yang baik kepada anaknya itu juga menghambat kedisiplinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Strategi guru, Membentuk kedisiplinan, dan Kedisiplinan peserta didik
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar
Depositing User: Yanto Yanto
Date Deposited: 07 Jun 2021 03:05
Last Modified: 07 Jun 2021 03:05
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item