Rahayu, Yeni (2025) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Merdeka Belajar Di SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121046_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121046_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
2121046_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Dalam era Pendidikan sekarang, Pancasila menjadi fokus utama dalam Pendidikan, terbukti dengan adanya Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila tidak dapat dipisahkan dari tujuan utama Pendidikan Agama Islam yaitu pembentukan akhlak dan budi pekerti yang sanggup menghasilkan individu yang bermoral. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI, metode yang ditempuh untuk penguatan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila, dan implikasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Iislam serta faktor pendukung dan penghambat implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Kedungwuni Kabupaten Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah Guru Pendidikan Agama Islam sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Waka Kurikulum dan siswa dari masing-masing Angkatan kelas. Data dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diperiksa dengan triagulasi sumber data dan triagulasi teknik, selanjutnya dianalisis melalui dengan tiga tahapan yaitu melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu sebagai berikut : 1) tahap implementasi Profil Pelajar Pancasila yang pertama perencanaan dengan membuat modul ajar dalam pembelajaran PAI melalui penerapan pembiasaan-pembiasaan sesuai dengan indikator Profil Pelajar Pancasila seperti: sholat berjamaah, sholat dhuha, membaca asmaul husna dan kegiatan pendukung lainnya. 2) tahap implementasi yang kedua adalah pelaksanaan seperti: memasukkan Profil Pelajar Pancasila dalam mata Pelajaran, pembinaan kedisiplinan siswa, guru memberikan nasihat dan teladan, dan menjelaskan kepada siswa tentang etika terhadap guru. 3) tahap implementasi yang ketiga adalah evaluasi dengan cara melakukan sharing dengan guru lain terkait dengan hasil implementasi. Implikasi Profil Pelajar Pancasila yaitu menjadikan siswa memiliki akhlak yang baik sesuai dengan Agama Islam dan juga sesuai dengan standar akhlak yang baik, dan faktor pendukung implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran PAI yaitu: guru diberikan peran yang luas, kurikulum memfasilitasi mata Pelajaran terkait dan terdapat kegiatan pendukung pembelajaran PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Profil Pelajar Pancasila (P5), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2025 03:38 | ||||||||
Last Modified: | 01 Jul 2025 03:38 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13820 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |