Pengaruh Literasi Keuangan Islam, Gaya Hidup Halal, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Jasa Layanan Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Kota Pekalongan)

Elsania, Elsania (2025) Pengaruh Literasi Keuangan Islam, Gaya Hidup Halal, Dan Digital Marketing Terhadap Minat Generasi Z Menggunakan Jasa Layanan Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Generasi Z Di Kota Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221046_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4221046_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
4221046_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Minat Generasi Z terhadap layanan perbankan syariah di Indonesia masih tergolong rendah meskipun jumlah penduduk muslim di Indonesia sangat besar. Rendahnya Tingkat literasi keuangan islam, kurangnya pemahaman mengenai Gaya Hidup Halal, serta pemanfaatan Digital Marketing terhadap minat generasi Z dalam menggunakan jasa layanan perbankan syariah, dengan studi kasus pada Generasi Z di Kota Pekalongan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan islam, gaya gidup halal dan Digital Marketing terhadap minat generasi z menggunakan jasa layanan perbankan syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden berusia 20-27 tahun. Analisis data dilakukan menggunakan metode partial least square (PLS) dengan bantuan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Literasi Keuangan Islam, Gaya Hidup Halal, dan Digital Marketing berpengaruh signifikan terhadap minat Generasi Z dalam menggunakan jasa layanan perbankan syariah. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi Lembaga perbankan syariah untuk memperkuat strategi edukasi, penguatan nilai-nilai halal, serta optimalisasi pemasaran digital guna meningkatkan minat dan pertisipasi generasi muda terhadap layanan keuangan syariah. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada ruang lingkup wilayah dan metode pengumpulan data yang hanya pada koesioner. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk memperluas cakupan wilayah penelitian, serta menambahkan variabel lain seperti religiusitas atau persepsi resiko untuk menggambarkan yang lebih komprehensif terhadap minat generasi muda dalam menggunakan jasa layanan perbankan syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRosyid, AhmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Literasi Keuangan Islam, Gaya Hidup Halal, Digital Marketing, Minat, Generasi Z, Perbankan Syariah
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:00
Last Modified: 03 Jul 2025 08:00
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13821

Actions (login required)

View Item View Item