Problematika Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Paweden Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan

Kamila, Nida (2025) Problematika Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (Akm) Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Paweden Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318206_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2318206_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
2318206_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kamila, Nida, 2025. Problematika Penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Paweden Kecamatan Buaran Kabupaten Pekalongan. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri (UIN) K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing: Aan Fadia Annur, M.Pd. Kata Kunci: Problematika Asesmen, Asesmen Kompetensi Minimum, Madrasah Ibtidaiyah. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan bagian dari upaya peningkatan mutu pendidikan, namun penerapannya di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah (MII) Paweden masih menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sarana, untuk guru, dan rendahnya budaya literasi siswa. Penelitian ini bertujuan mengkaji problematika penerapan AKM di madrasah tersebut sebagai langkah awal perbaikan kualitas asesmen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara mendalam berbagai problematika yang muncul dalam penerapan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) di MII Paweden. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan upaya-upaya strategis yang dilakukan oleh pihak sekolah, guru, maupun pemangku kepentingan lainnya dalam mengatasi kendala-kendala tersebut, baik dari segi kesiapan siswa, pemahaman guru terhadap AKM, ketersediaan sarana prasarana pendukung, maupun dukungan lingkungan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan kepala madrasah, penaggung jawab pelaksana (AKM), guru kelas V, dan siswa kelas V MII Paweden. Data sekunder diperoleh dari profil MII Paweden, buku, artikel jurnal, dan referensi lain yang dapat mendukung penelitian ini. Keabsahan data dijamin melalui triangulasi sumber yaitu dari sumber data sekunder, dan triangulasi teknik yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan melalui tiga tahapan: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi untuk menarik kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika penerapan AKM di MII Paweden meliputi kendala teknis seperti keterbatasan perangkat TIK, koneksi internet yang tidak stabil, rendahnya literasi digital siswa, dan keterbatasan dukungan guru serta proktor. Dari sisi pemahaman, guru belum sepenuhnya memahami konsep AKM, pelatihan belum merata, integrasi literasi dan numerasi belum optimal, serta siswa belum terbiasa dengan format soal AKM. Infrastruktur juga belum memadai, seperti ketiadaan laboratorium dan ruang asesmen yang tidak efisien. Untuk mengatasi hal tersebut, madrasah melakukan pengadaan dan perbaikan perangkat secara bertahap, pelatihan guru, pendampingan siswa, simulasi AKM, pembentukan tim teknis, serta menjalin kerja sama dengan orang tua dan stakeholder guna mendukung perbaikan infrastruktur dan pelaksanaan asesmen.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAnnur, Aan FadiaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Problematika Asesmen, Asesmen Kompetensi Minimum, Madrasah Ibtidaiyah.
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 30 Jun 2025 04:30
Last Modified: 30 Jun 2025 04:30
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13834

Actions (login required)

View Item View Item