Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siwalan

Lestari, Oktaviana (2025) Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Siswa Kelas Ix Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Siwalan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

This is the latest version of this item.

[img] Text
2121230_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2121230_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94MB)
[img] Text
2121230_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Perkembangan teknologi digital mendorong remaja untuk semakin aktif dalam menggunakan media sosial, salah satunya adalah aplikasi TikTok. Aplikasi ini menawarkan berbagai konten hiburan, edukasi, hingga budaya populer yang mudah diakses oleh siapa saja, termasuk siswa SMP. Namun, intensitas penggunaan TikTok yang tinggi dikhawatirkan memengaruhi perilaku siswa, baik secara positif maupun negatif. Pengaruh ini dapat terlihat dari bagaimana siswa meniru konten, memahami norma sosial, serta mengelola waktu dan emosi mereka. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sejauh mana intensitas penggunaan TikTok memengaruhi perilaku siswa, khususnya siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Siwalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket yang disebarkan kepada 56 siswa kelas IX SMPN 1 Siwalan sebagai sampel dari total populasi 222 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan mempertimbangkan karakteristik pengguna TikTok. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2025 di lingkungan SMPN 1 Siwalan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan software SPSS untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan TikTok (frekuensi, durasi, tujuan, aktivitas, pengaruh) dan perilaku siswa (berdasarkan teori belajar sosial, perkembangan moral, kecanduan teknologi, dan kultivasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas penggunaan TikTok oleh siswa kelas IX tergolong cukup tinggi, sedangkan perilaku mereka termasuk cukup baik. Analisis statistik membuktikan adanya pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan TikTok terhadap perilaku siswa, dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai t_hitung > t_tabel. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa sebesar 23% perubahan perilaku siswa dipengaruhi oleh intensitas penggunaan TikTok, sementara 77% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Karena nilai 23% mendekati batas bawah, maka pengaruh intensitas penggunaan TikTok terhadap perilaku siswa termasuk kategori kecil. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa meskipun pengaruhnya kecil, media sosial seperti TikTok tetap berkontribusi nyata terhadap perilaku siswa, sehingga perlu perhatian dari pihak sekolah dan orang tua. Dan juga penggunaan TikTok memiliki dampak terhadap perilaku siswa, sehingga perlu adanya pengawasan dan edukasi dalam penggunaan media sosial secara bijak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorGhufron, M. AliUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Tiktok, Perilaku Siswa
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 04 Jul 2025 09:15
Last Modified: 04 Jul 2025 09:15
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13949

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item