Mustofa, Muhammad Hasan (2025) Pengaruh Kecerdasan Emosional Self-Awareness Terhadap Kemampuan Bernalar Kritis Siswa Kelas Viii Pada Pembelajaran Pai Di Smp Negeri 1 Reban Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2121284_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2121284_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
2121284_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kemampuan bernalar kritis merupakan keterampilan penting yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi tantangan zaman, khususnya di era post-truth yang dipenuhi oleh informasi tanpa kejelasan fakta. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Salah satu faktor yang diduga mempengaruhi kemampuan ini adalah kecerdasan emosional, khususnya aspek self-awareness atau kesadaran diri, yang berperan dalam membantu siswa mengenali dan mengelola emosi serta merefleksikan pola pikir dan perilaku.. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tingkat kecerdasan emosional self-awareness siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Reban? (2) Bagaimana kemampuan bernalar kritis siswa dalam pembelajaran PAI? dan (3) Apakah terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional self-awareness terhadap kemampuan bernalar kritis siswa? Penelitian ini bertujuan untuk menjawab ketiga rumusan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex post facto. Data dikumpulkan melalui penyebaran angket kepada 66 siswa kelas VIII yang dipilih dengan teknik simple random sampling melalui rumus slovin. Data dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji prasyarat analisis (normalitas, linearitas, dan heteroskedastisitas), serta uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional self-awareness siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Reban tergolong dalam kategori sedang sebanyak 69,7% siswa.dengan rata-rata 61,12 Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kesadaran diri yang cukup baik. Kemudian dalam hal kemampuan bernalar kritis siswa sebanyak 53% termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan bernalar kritisi yang bagus dengan rata rata 65,12 dari skor maksimal 80. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh X (Kecerdasan Emosional self-awareness) memiliki nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,005 dan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,686 yang berarti bahwa 68,6% variasi dalam kemampuan bernalar kritis siswa dapat dijelaskan oleh tingkat kecerdasan emosional selfawareness. Sisanya sebesar 31,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kesadaran diri emosional siswa, maka semakin tinggi pula kemampuan mereka dalam berpikir kritis. khususnya dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Self-Awareness, Kemampuan Bernalar Kritis, Skripsi | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jul 2025 03:07 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jul 2025 03:07 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13957 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |