Pengaruh Word of Mouth, Reference Group, Customer Knowledge dan Promotion terhadap Keputusan menjadi Anggota di KSPPS BMT An-Najah Wiradesa Cabang Kauman.

Zani, Aufa (2025) Pengaruh Word of Mouth, Reference Group, Customer Knowledge dan Promotion terhadap Keputusan menjadi Anggota di KSPPS BMT An-Najah Wiradesa Cabang Kauman. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4221113_Cover_Bab I & bab V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4221113_Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
4221113_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingudur.ac.id/

Abstract

Keputusan Anggota adalah kegiatan dimana anggota atau konsumen membuat keputusan dalam memilih menggunakan layanan yang tersedia dalam lembaga keuangan syariah ataupun lembaga keuangan lainnya. Anggota akan memerlukan informasi yang dijadikan tolak ukur dalam menentukan dimana akan menyimpan dan melakukan pembiayaan dari suatu lembaga keuangan yang nantinya menjadi pengaruh masyarakat bergabung menjadi anggota. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth, Reference Group, Customer Knowledge, dan Promotion terhadap keputusan menjadi anggota. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan sebaran kuisioner (angket) dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Teknik pengambilan sampel dengan teknik probability sampling (random sampling). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bantuan IBM SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel Reference Group, Customer Knowledge, dan Promotion berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi anggota. Sedangkan variabel Word of Mouth berpengaruh secara signifikan namun bernilai negatif terhadap keputusan menjadi anggota. Namun secara simultan variabel Word of Mouth, Reference Group, Customer Knowledge, dan Promotion berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan menjadi anggota.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorFikri, M. KhoirulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Word of Mouth, Reference Group, Customer Knowledge, Promotion, dan Keputusan Anggota
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X4.27 Bank Islam, Baitul Mal Wat Tamlil
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 332.1 Banks/Bank, Perbankan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Perbankan Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 07 Jul 2025 06:57
Last Modified: 07 Jul 2025 06:57
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item View Item