Pengaruh Pemahaman Kitab Tuhfatul Athfal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Roudlotul Muttaqin Desa Sibebek Kecamatan Bawang Kabupaten Batang

Amilia, Dina Afni (2025) Pengaruh Pemahaman Kitab Tuhfatul Athfal Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Santri Madrasah Diniyah Roudlotul Muttaqin Desa Sibebek Kecamatan Bawang Kabupaten Batang. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121158_COVER, BAB I & BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121158_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121158_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh setiap Muslim. Namun, realitas di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak anak-anak usia sekolah, termasuk santri di lembaga pendidikan Islam, yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan sesuai dengan kaidah tajwid. Padahal, pelajaran ilmu tajwid telah diberikan. Hal ini juga ditemukan di Madrasah Diniyah Roudlotul Muttaqin Desa Sibebek, di mana sebagian santri hanya memahami isi bait-bait syair secara teoritis, namun belum mampu mengaplikasikan kaidah-kaidah tajwid secara tepat dalam membaca Al-Qur’an. Ketidaksesuaian antara penguasaan teori dan keterampilan praktik ini menunjukkan adanya kesenjangan yang perlu dikaji lebih mendalam. Penelitian ini dirancang untuk menjawab tiga rumusan masalah yaitu: bagaimana pemahaman santri kelas V dan VI terhadap kitab Tuhfatul Athfal, bagaimana kemampuan membaca Al-Qur’an santri, serta sejauh mana pemahaman terhadap kitab Tuhfatul Athfal berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat pemahaman santri terhadap Tuhfatul Athfal, menilai kemampuan membaca Al-Qur’an santri, dan menganalisis pengaruh pemahaman kitab tuhfatul athfal terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an santri Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 44 santri yang berasal dari kelas V dan VI, yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap kitab Tuhfatul Athfal pada santri kelas V dan VI berada dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 61,10. Sementara itu, kemampuan membaca Al-Qur’an juga berada dalam kategori cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 51,45. Pengujian hipotesis menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara pemahaman kitab Tuhfatul Athfal dan kemampuan membaca Al-Qur’an, dengan t hitung 2,572 > t tabel 1,682 (α = 0,05) maka, Hₐ diterima dan H₀ ditolak. Selain itu, nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,136 atau 13,6% menunjukkan bahwa pemahaman terhadap kitab Tuhfatul Athfal memberikan pengaruh sebesar 13,6% terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an. Sisanya, yaitu 86,4% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorAbidin, M. YasinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Tuhfatul Athfal, Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Jul 2025 03:22
Last Modified: 07 Jul 2025 03:22
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/13985

Actions (login required)

View Item View Item