Saputri, Iin Indah (2020) Respon Siswa Terhadap Penerapan Salat Zuhur Berjamaah di SD Negeri 03 Pekiringanalit Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, IAIN PEKALONGAN.
Text
Cover Hal I dan V.pdf Download (3MB) |
|
Text
Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit? Bagaimana respon siswa terhadap penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit? Faktor-faktor apa yang mendukung dan menghambat penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit?. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit, Untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit, Untuk mendeskripsikan faktor mendukung dan menghambat penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringan Alit. Kegunaan penelitian ini adalah untuk memberikan masukan kepada guru dan siswa di SDN 03 Pekiringanalit tentang penerapan salat zuhur berjamaah yang baik dan benar. Jenis penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview dan dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukan bahwa : Pertama, Penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit suatu keharusan bagi peserta didik kelas III, kelas IV, kelas V dan kelas VI. Serta suatu keharusan bagi semua guru dan karyawan untuk melakukan salat zuhur berjamaah. Kedua, Respon siswa terhadap penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit adalah 2 macam yaitu: Pertama, Respon negatif, sebagian siswa menganggap bahwa salat zuhur berjamaah tidaklah peting karena mereka masih anak-anak jadi kewajiban melaksanakan ibadah salat belum diwajibkan bagi siswa yang belum baligh. Kedua, Respon Positif, yakni sebagian siswa menganggap bahwa salat zuhur berjamaah adalah penting karena salat zuhur berjamaah merupakan salat fardlu yang harus dilakukan oleh setiap umat Islam di dunia. Ketiga, Kendala dalam penerapan salat zuhur berjamaah di SDN 03 Pekiringanalit antara lain: Kendala peserta didik yang suka ramai dan susah diatur untuk tertib dalam melaksanakan salat zuhur berjamaah. Kendala lokasi musholla yang berlokasi diseberang jalan raya besar. Adanya siswa yang menjadi profokator kepada temannya agar lebih memilih membolos atau bersembunyi di kelas dari pada pergi ke musholla. Kendala lingkungan keluarga yang kurang mendukung serta minimnya pengetahuan keagamaan terutama dalam hal salat. Kendala instrumental, seperti: tidak adanya tata tertib yang mengatur kewajiban salat zuhur berjamaah. Kendala kemampuan, seperti: banyak peserta didik yang belum bisa menguasai gerakan dan bacaan salat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Respon Siswa, Salat Zuhur Berjamaah | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Elementary Education/Pendidikan Dasar |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Yanto Yanto | ||||||||
Date Deposited: | 07 Jun 2021 08:47 | ||||||||
Last Modified: | 07 Jun 2021 08:56 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/1399 |
Actions (login required)
View Item |