Problematika Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang

Mardiana, Intan (2025) Problematika Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas Vii Di Madrasah Tsanawiyah Nahdlatul Ulama 01 Banyuputih Kabupaten Batang. Diploma thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221056_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221056_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2221056_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Siswa kelas VII di MTs NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang, yang mengalami adanya problematika minat belajar bahasa Arab menjadi pendorong utama penelitian ini. Penjelasan yang paling umum adalah siswa berpersepsi belajar bahasa Arab itu sulit. Banyak siswa yang masih mengalami permasalahan dalam belajar bahasa Arab, terutama mereka yang tidak berasal dari pendidikan di pesantren atau hanya tamat sekolah dasar. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan di atas, maka peneliti akan membahas beberapa hal, antara lain : apa saja problematika minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs NU 01 Banyuputih? dan bagaimana upaya dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs NU 01 Banyuputih?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang apa saja problematika minat belajar belajar bahasa Arab siswa dan upaya dalam meningkatkan minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs NU 01 Banyuputih Kabupaten Batang. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif deskriptif dan dilakukan observasi di lapangan. Penelitian menggunakan bahan primer dari narasumber yang bersangkutan dan sekunder dari buku dan jurnal mengenai minat belajar serta data asli dari MTs NU 01 Banyuputih Kab. Batang. Metodologi kuallitatif dalam pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika minat belajar bahasa Arab siswa kelas VII di MTs NU 01 Banyuputih Kab. Batang, siswa mengalami minat yang rendah, metode pengajaran yang monoton, lingkungan belajar yang tidak mendukung dan faktor psikologis. Selain itu terdapat problem lain yaitu problem linguistik dan non linguistik. Problem linguistik yang terjadi yaitu siswa kurang menguasai 4 keterampilan bahasa, sedangkan problem non linguistik yaitu perbedaan latar belakang siswa, kurangnya motivasi dan kurangnya alokasi waktu pada pembelajaran bahasa Arab. Dari problematika yang terjadi upaya dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas VII, guru dapat memberikan motivasi pada siswa, menyajikan materi yang menarik, menciptakan lingkungan rumah yang mendukung dan memperhatikan perbedaan individual. Selain itu upaya dalam mengatasi problem linguistik yaitu siswa lebih menguasai 4 keterampilan bahasa, sedangkan problem non linguistik yaitu siswa lebih memperhatikan penjelasan guru, membangun keterhubungan siswa, dan mengulas kembali materi yang sudah di pelajari. Dari upaya tersebut membantu siswa lebih minat belajar bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Diploma)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorBurhan, Ali197706232009011008UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Minat Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 07 Jul 2025 08:10
Last Modified: 07 Jul 2025 08:10
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14011

Actions (login required)

View Item View Item