Asykar, Muhammad Zidan (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas X Ma Hidayatul Athfal Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221046_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221046_FULL TEXT.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2221046_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran bahasa arab memiliki berbagai tantangan salah satunya rendahnya motivasi. Anggapan sulit untuk mempelajari bahasa Arab seringkali dirasakan oleh siswa yang membuat siswa tersebut memiliki motivasi yang rendah. Guru merupakan figur penting dalam pembelajaran. Tidak hanya bertugas sebagai seorang yang mentransfer ilmu, melainkan guru juga berperan untuk mendorong dan memelihara motivasi siswa agar tetap terjaga. Motivasi perlu diberikan karena mendorong siswa agar mengikuti rangkaian aktivitas yang telah direncanakan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas x MA Hidayatul Athfal Kota Pekalongan?. Apa saja faktor pendukung dan penghambat guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas x MA Hidayatul Athfal Kota Pekalongan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas x MA Hidayatul Athfal Kota Pekalongan dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelian ini menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitan menunjukan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas x MA Hidayatul Athfal Kota Pekalongan adalah sebagai pengelola kelas, fasilitator, motivator dan evaluator. Dari keempat peran guru tersebut, menghasilkan peningkatan motivasi siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa terlihat dari keaktifan, perhatian, tekun dalam mengerjakan tugas, serta antusiasme siswa dalam mengiktui pembelajaran. Adapun faktor pendukung guru dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas x MA Hidayatul Athfal Kota Pekalongan adalah fasilitas belajar yang memadai, motivasi internal siswa yang tinggi, dan lingkungan siswa yang berada di pondok. Sementara faktor penghambatnya adalah minat siswa yang rendah dan waktu yang terbatas
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | peran guru, motivasi belajar, pembelajaran bahasa arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:39 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:39 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14034 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |