Nadhiifah, Oktavia Nauroh (2025) Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Smk Muhammadiyah Pencongan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
2221085_Cover_Bab I & Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2221085_FullText.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
2221085_LampiranSkripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah Pencongan Wiradesa. Tentu saja program kurikulum baru di SMK Muhammadiyah Pencongan ini masih memiliki banyak kekurangan, terutama pada mata pelajaran berbasis agama seperti mata pelajaran bahasa Arab, seperti dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka, terbatasnya guru dalam menetapkan tugas berbasis proyek untuk meningkatkan profil peserta didik yang berpancasila dan kurangnya model pembelajaran yang sesuai dengan profesionalisme guru bahasa Arab disekolah menengah atas. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah pencongan Wiradesa kabupaten Pekalongan? 2) Bagaimana problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab? 3) Bagaimana solusi problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui penerapan kurkulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah pencongan Wiradesa kabupaten Pekalongan. 2) untuk mengetahui problematika penerapan kurkulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab. 3) untuk mengetahui solusi yang di lakukan dalam penerapan kurkulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis menggunakan metode reduksi data, penyajian data, penarikan, kesimpulan, dan verifikasi data. Hasil dari peneliti yang disimpulkan bahwasannya penerapan kurikulum merdeka di SMK muhammadiyah ini sudah berjalan dengan baik walaupun masih ada beberapa problematika, seperti problematika bagi guru dan problematika bagi peserta didik. Adapun problematika bagi guru meliputi: problem pada tahap perencanaan, proses pembelajaran, serta penilaian. Sedangkan problem bagi peserta didik meliputi: latar belakang peserta didik, kesiapan peserta didik, serta problem pemahaman siswa. Adapun solusi dalam pengatasi problematika penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab ini meliputi: memahami konsep kurikulum merdeka dan mempersiapkan perencanaan pembelajaran, meningkatkan kreativitas dan inovasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Bahasa Arab | ||||||||
Subjects: | 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab | ||||||||
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Bahasa Arab | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur Ftik | ||||||||
Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:20 | ||||||||
Last Modified: | 08 Jul 2025 04:20 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |