Adriani, Nailah Sekar (2025) Penerapan Bimbingan Islami Dengan Teknik Muḥāsabah Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa Kelas X Di MAN 2 Kota Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3521036_COVER, BAB I & BAB V.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
3521036_FULL TEXT .pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3521036_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (819kB) |
Abstract
Beberapa siswa masih melakukan perilaku membolos di MAN 2 Kota Pekalongan, khususnya kelas X. Ditandai dengan tindakan seperti meninggalkan sekolah tanpa keterangan, tidak mengikuti pelajaran karena belum mengerjakan tugas, bersembunyi di bawah tangga, kantin, atau kamar mandi saat pelajaran sedang berlangsung, hingga tidak kembali ke kelas tanpa alasan jelas. Untuk menangani masalah ini, pihak sekolah menerapkan bimbingan islami dengan teknik muḥāsabah agar perilaku membolos tidak terulang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku membolos siswa kelas X di MAN 2 Kota Pekalongan serta penerapan bimbingan islami dengan teknik muḥāsabah sebagai upaya untuk menguranginya. Perilaku membolos menjadi salah satu permasalahan serius yang mengganggu proses belajar mengajar dan perkembangan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap tiga siswa kelas X dan guru BK sebagai informan utama serta satu wali kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku membolos dipengaruhi oleh faktor internal seperti kurangnya minat belajar dan rasa malas, serta faktor eksternal seperti pengaruh teman dan ketidaksukaan terhadap guru atau mata pelajaran tertentu. Penerapan teknik muḥāsabah dilakukan melalui enam tahapan, yaitu musyāraṭah, murāqabah, muḥāsabah, mu‘āqabah, mujāhadah, dan mu‘ātabah. Teknik ini terbukti memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesadaran diri siswa, menumbuhkan rasa tanggung jawab, serta mengurangi intensitas perilaku membolos. Dengan pendekatan yang lembut dan bernilai religius, bimbingan islami teknik muḥāsabah menjadi salah satu alternatif yang efektif dalam membentuk karakter dan kedisiplinan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islami, Muḥāsabah, Perilaku Membolos | ||||||||
Subjects: | 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 07:36 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 07:36 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14054 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |