Implementasi Metode Amṡilati Dalam Pembelajaran Qawā’idu An-Naḥwi Di Forum Bimbingan Amṡilati Center Medono Pekalongan

Umam, Muhammad Wildanul (2025) Implementasi Metode Amṡilati Dalam Pembelajaran Qawā’idu An-Naḥwi Di Forum Bimbingan Amṡilati Center Medono Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2221084_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2221084_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2221084_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Umam, Muhammad Wildanul. 2025. “Implementasi Metode Amṡilati dalam Pembelajaran Qawā‟idu An-Naḥwi di Forum Bimbingan Amṡilati Center Medono Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab. FTIK UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Pembimbing Moh. Nurul Huda, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Metode Amṡilati, Pembelajaran Qawā‟idu AnNaḥwi Forum Bimbingan Amṡilati Center Medono Pekalongan merupakan salah satu tempat di mana metode Amṡilati secara intensif digunakan dalam pembelajaran qawā‟idu an-naḥwi. Dalam metode Amṡilati, peserta didik diajak untuk memahami qawā‟idu an-naḥwi melalui pendekatan contohcontoh konkret (amṡilah), sehingga proses belajar menjadi lebih aplikatif dan tidak hanya bersifat teoritis. Rumusan masalah yang diambil oleh peneliti adalah bagaimana implementasi metode Amṡilati dalam pembelajaran qawā‟idu an-naḥwi di FBAC Medono ? bagaimana hasil dari implementasi metode Amṡilati di FBAC Medono ? Apa kelebihan dan kekurangan dari implementasi dengan metode Amṡilati di FBAC Medono?. Tujuannya yakni mendeskripsikan implementasi metode Amṡilati dalam pembelajaran qawā‟idu an-naḥwi di FBAC Medono, mendeskripsikan hasil dari implementasi metode Amṡilati di FBAC Medono, mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan dari implementasi metode Amṡilati di FBAC Medono. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data meliputi : reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode Amṡilati di FBAC Medono Pekalongan berjalan dengan baik melalui beberapa langkah yaitu pertama, perencanaan pembelajaran, meliputi merumuskan tujuan pembelajaran metode Amṡilati, menentukan materi pembelajaran metode Amṡilati, menentukan metode pembelajaran metode Amṡilati, dan target pembelajaran metode Amṡilati. Kedua, Proses pembelajaran metode Amṡilati di FBAC Medono terbagi menjadi tiga bagian diantaranya: kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup dan setoran hafalan. Ketiga, evaluasi pembelajaran metode Amṡilati yaitu berupa tes tulis. Adapun hasil dari Implementasi metode Amṡilati peserta didik memiliki kemampuan membaca kitab kuning, memiliki kesemangatan belajar dan peserta didik dapat dengan cepat memahami dan menguasai materi. Kelebihan dari implementasi metode Amṡilati di FBAC Medono meliputi : praktis dan aplikatif, mudah dipahami serta dapat diterapkan bagi pemula dan disegala usia namun kekurangannya yakni hafalan yang banyak dan kurang fleksibelnya waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHuda, Moh. NurulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Amṡilati, Pembelajaran Qawā‟idu AnNaḥwi
Subjects: 400 LANGAUGE (BAHASA) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain) > 492.7 Arabic/Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 08 Jul 2025 06:54
Last Modified: 08 Jul 2025 06:54
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14070

Actions (login required)

View Item View Item