Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Siswa Pada Pembelajaran Penjasorkes Kelas 4 Di Sd Muhammadiyah Legokkalong Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Sidik, Muhammad Purnomo (2025) Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Siswa Pada Pembelajaran Penjasorkes Kelas 4 Di Sd Muhammadiyah Legokkalong Karanganyar Kabupaten Pekalongan. Undergraduate Thesis thesis, UIN. K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2318112_COVER_BAB I DAN BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2318112_FULL TEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
2318112_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Guru Penjasorkes memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan dan perkembangan generasi muda. Sebagai pendidik, mereka tidak hanya bertugas menyampaikan ilmu pengetahuan, tetapi juga membentuk karakter, membimbing, dan menginspirasi siswa agar menjadi individu yang berkompeten dan berakhlak mulia. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran penjasorkes kelas 4 di SD Muhammadiyah Legokkalong. Penelitian ini ingin menjawab permasalahan tentang bagaimana peran guru dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes kelas 4 di SD Muhammadiyah Legokkalong dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat siswa pada pembelajaran Penjasorkes kelas 4 di SD Muhammadiyah Legokkalong dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat kualitatif. Sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, menyajikan data dari tiap variabel yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan Pertama, peran guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran Penjasorkes kelas 4 di SD Muhammadiyah Legokkalong yaitu guru memiliki peran sebagai pengajar, guru sebagai motivator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai pengelola, dan guru sebagai pendidik. Peran guru di SD Muhammadiyah Legokkalong menjadi pusat bagi perkembangan siswa. Maka pembelajaran yang diterapkan tidak hanya berpusat pada materi namun juga berpusat pada siswa. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran Penjasorkes di kelas 4 SD Muhammadiyah Legokkalong. Faktor pendukung dalam pembelajaran Penjasorkes kelas 4 di SD Muhammadiyah Legokkalong yaitu adanya dukungan dari sekolah melalui usaha penyediaan fasilitas dan terdapat dukungan dari orangtua siswa yang menyediakan perlengkapan olahraga bagi anaknya. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu belum adanya perawatan fasilitas sehingga terdapat fasilitas yang tidak terpenuhi dan juga terkendala keterbatasan waktu serta siswa yang belum memahami arti penting pembelajaran Penjasorkes sehingga terkesan asal-asalan dan malas-malasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHaryanto, Andung DwiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Minat, Penjasorkes
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.322 Madrasah Ibtidaiyah
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 372.2 Elementary School/Sekolah Dasar, SD
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 09 Jul 2025 07:19
Last Modified: 09 Jul 2025 07:19
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14094

Actions (login required)

View Item View Item