Strategi Guru Pai Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Penanaman Nilai Religius Di Ma Al-Falah Jatirokeh Kabupaten Brebes

Safitri, Hani (2025) Strategi Guru Pai Dalam Membina Kedisiplinan Peserta Didik Melalui Penanaman Nilai Religius Di Ma Al-Falah Jatirokeh Kabupaten Brebes. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121030_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121030_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121030_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Kedisiplinan peserta didik merupakan elemen penting dalam pembentukan karakter peserta didik di lembaga pendidikan. MA Al-Falah Jatirokeh Kabupaten Brebes berupaya membentuk kedisiplinan tersebut melalui penanaman nilai-nilai religious oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru PAI dalam membina kedisiplinan peserta didik melalui penanaman nilai religius di MA Al-Falah Jatirokeh serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Triangulasi sumber dan metode digunakan untuk menjamin keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam membina kedisiplinan peserta didik dilakukan melalui metode keteladanan, pembiasaan, dan pemberian nasihat. Kegiatan keagamaan seperti tadarus, doa bersama, sholat berjamaah, dan pembacaan Asmaul Husna secara rutin menjadi sarana efektif penanaman nilai religius. Faktor pendukung utama strategi ini adalah komitmen guru PAI, dukungan pihak sekolah, serta keterlibatan peserta didik dalam kegiatan religius. Namun, keterbatasan waktu, fasilitas, dan kurangnya pengawasan di luar jam pelajaran menjadi tantangan tersendiri. Penelitian ini penting sebagai rujukan dalam penguatan pendidikan karakter berbasis religius di madrasah, namun masih memiliki keterbatasan karena subjek penelitian hanya terfokus pada satu sekolah. Penelitian lanjutan dengan cakupan lebih luas sangat dianjurkan untuk menggali strategi efektif dalam penerapan nilai religius secara menyeluruh di lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHami, Widodo198803312020121005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Kedisiplinan Peserta Didik, Nilai Religius, Pendidikan Karakter
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 10 Jul 2025 07:49
Last Modified: 10 Jul 2025 07:49
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14113

Actions (login required)

View Item View Item