Izzatunada, Zhahira Avriel (2025) Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Gusdurian Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama (Studi Pada Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.
![]() |
Text
3421031_Bab I dan Bab V.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3421031_Full Text.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
3421031_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini membahas Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas GUSDURian Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Moderasi Beragama (Studi Pada Mahasiswa UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan). Maraknya sikap-sikap intoleransi seperti fanatisme, fundamentalisme, dan ekstreamisme dalam beragama menjadi sebuah momok yang dapat menyalahi pemaknaan pada semboyan bangsa, yakni “Bhinneka Tunggal Ika.” Oleh karena itu, dibutuhkan strategi moderasi beragama yang muncul dengan urgensi untuk dapat diimplemtasi sebagai salah satu kunci dalam menciptakan masyarakat pluralis yang harmonis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh komunitas GUSDURian UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama; Bagaimana strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh komunitas GUSDURian UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan mengacu pada teori strategi komunikasi persuasif Melvin DeFleur dan Sandra J-Ball Rokeach dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan konsep Milles and Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif komunitas GUSDURian dalam mengimplementasikan nilai-nilai moderasi beragama tertuang dalam komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan akomodatif terhadap kebudayaan lokal. Selain itu, penerapan strategi komunikasi persuasif sesuai dengan teori Melvin DeFleur dan Sandra J-Ball Rokeach yang mengacu pada pertama, strategi komunikasi persuasif psikodinamika yang memfokuskan pada pendekatan emosional dan kognitif berupa kegiatan silaturahmi dan penghadiran pada hari besar keagamaan. Kedua, strategi komunikasi persuasif sosiokultural dilakukan dengan menajamkan pada faktor lingkungan pertemanan seperti pembuatan podcast YouTube. Ketiga, strategi komunikasi persuasif the meaning constructions sebagai solusi dari hambatan penyampaian pesan dengan memanfaatkan media sosial sebagai bahan edukasi dan sosialisasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi, Komunikasi Persuasif, Moderasi Beragama | ||||||||
Subjects: | 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.5 Pers dan Media Massa Islam 300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 300 Sociology and Anthropology(Sosiologi dan Antropologi) > 302.2 Communication/Komunikasi |
||||||||
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Komunikasi Penyiaran Islam | ||||||||
Depositing User: | UIN Gus Dur FUAD | ||||||||
Date Deposited: | 10 Jul 2025 08:00 | ||||||||
Last Modified: | 10 Jul 2025 08:00 | ||||||||
URI: | http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |