Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video Animasi Pada Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Comal

Rahma, Annisa Aulia (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video Animasi Pada Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas VII Di SMP Muhammadiyah 2 Comal. Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
2121232_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2121232_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
2121232_Lampiran.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Rahma, Annisa Aulia. 2025. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Video Animasi Pada Materi Akhlak Terpuji Siswa Kelas Vii Di Smp Muhammadiyah 2 Comal. Skripsi Program Studi Pendidikan Agama Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Video Animasi, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Terpuji, Efektivitas Perkembangan teknologi yang pesat telah membawa dampak besar di berbagai bidang kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Proses pembelajaran yang dulunya bersifat konvensional kini mulai bertransformasi menjadi lebih inovatif melalui pemanfaatan media berbasis teknologi. Dalam konteks pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya materi akhlak terpuji. Pendekatan yang menarik dan relevan sangat dibutuhkan agar pesan moral dapat lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi yang mampu menggabungkan elemen visual dan audio secara menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis video animasi pada materi akhlak terpuji untuk siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 2 Comal, serta untuk mengukur efektivitas media tersebut dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D), dan menghasilkan produk berupa video animasi edukatif. Hasil uji efektivitas menggunakan rumus N-Gain dengan bantuan aplikasi SPSS 25 menunjukkan skor sebesar 0,69 atau 69% yang termasuk dalam kategori “cukup efektif”. Artinya, media video animasi ini dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi akhlak terpuji dan layak digunakan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNugroho, Dicky AnggriawanUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Terpuji, Efektivitas
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Islam, Sekolah Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 370 Education (Pendidikan) > 370 Education/Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UIN Gus Dur Ftik
Date Deposited: 11 Jul 2025 04:16
Last Modified: 11 Jul 2025 04:16
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14124

Actions (login required)

View Item View Item