Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Ditinjau dari Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Fara Catering Pekalongan)

Istalamtunnada, Istalamtunnada (2025) Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Ditinjau dari Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Fara Catering Pekalongan). Undergraduate Thesis thesis, UIN K. H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
4120166_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4120166_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
4120166_Lampiran.pdf

Download (902kB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

ISTALAMTUNNADA, Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Ditinjau dari Ekonomi Syariah (Studi Kasus pada Fara Catering Pekalongan). Bisnis kuliner merupakan sektor yang terus berkembang dan berpotensi tinggi, termasuk usaha catering seperti Fara Catering di Pekalongan. Meski telah menerapkan prinsip ekonomi syariah dalam produksi dan pengelolaan SDM, strategi promosi Fara Catering masih bersifat konvensional dan belum memanfaatkan digital marketing secara optimal. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pengembangan bisnis Fara Catering dengan pendekatan ekonomi syariah serta untuk memberikan gambaran strategi promosi yang etis, modern, dan sesuai prinsip Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan teknik triangulasi untuk menjaga validitas. Penelitian ini dilakukan di Fara Catering Pekalongan selama Agustus 2024 hingga Februari 2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Fara Catering telah menerapkan prinsip ekonomi syariah dalam aspek produksi, sumber daya manusia, dan pemasaran. Strategi produk dan distribusi berjalan efektif, sementara strategi promosi masih bersifat konvensional. Penelitian ini merekomendasikan integrasi digital marketing berbasis syariah sebagai langkah strategis untuk meningkatkan daya saing dan memperluas pasar. Dengan demikian, strategi pengembangan bisnis yang menggabungkan nilai-nilai Islam dan pendekatan digital dapat menjadi model yang relevan bagi pelaku usaha kuliner lainnya dalam membangun usaha yang berkelanjutan dan beretika. Kata Kunci : Strategi Bisnis, Ekonomi Syariah, Kuliner, Fara Catering.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKurmawati, FitriUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi Bisnis, Ekonomi Syariah, Kuliner, Fara Catering
Subjects: 200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X6.3 Ekonomi Islam, Sistem Ekonomi Islam
300 SOCIAL SCIENCE ( ILMU SOSIAL ) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 330 Economics/Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Prodi Ekonomi Syariah
Depositing User: UIN Gus Dur Febi
Date Deposited: 11 Jul 2025 08:18
Last Modified: 11 Jul 2025 08:18
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14142

Actions (login required)

View Item View Item