Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Remaja Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen

Warohmah, warohmah (2025) Peran Pembimbing Agama Islam Dalam Meminimalisir Prokrastinasi Akademik Remaja Di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen. Undergraduate Thesis thesis, UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan.

[img] Text
3521022_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

Download (863kB)
[img] Text
3521022_Full Text.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
3521022_Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
Official URL: https://perpustakaan.uingusdur.ac.id/

Abstract

Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda-nunda yang dilakukan dengan cara disengaja dalam menyelsaikan tugas, khususnya yang berhubungan dengan tugas Sekolah. Prokrastinasi akademik yang ada di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen yaitu terdapat beberapa remaja yang masih melakukan prokrastinasi. Indikasi sikap prokrastinasi yang terlihat antara lain: Pertama, masih terdapat remaja yang melakukan penundaan dalam melakukan setoran hafalan tidak sesuai dengan batas waktu yang sudah ditetapkan. Kedua, masih terdapat Remaja yang menunda dalam pengerjaan pekerjaan rumah (PR) yang diberikan dari guru dan lebih memilih mengerjakan di sekolah. Dan yang terakhir, terdapat remaja yang masih terlambat dalam mengumpulkan tugas pekerjaan rumah (PR) baik yang diberikan dari pembimbing agama Islam maupun guru di sekolah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran pembimbing agama Islam dalam meminimalisir prokrastinasi akademik remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen, bagaimana kondisi prokrastinasi akademik remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran pembimbing agama Islam dalam meminimalisir prokrastinasi akademik remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen. Serta untuk mengetahui bagaimana kondisi prokrastinasi akademik remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kajen. Jenis penelitian field research (Penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pembimbing agama Islam memiliki peranan penting dalam membantu remaja dalam meminimalisir prokrastinasi akademik, dikarenakan pembimbing agama Islam setiap seminggu sekali secara rutin memberikan bimbingan Islami baik individu maupun kelompok. Sebagaimana menurut pendapat M Arifin pembimbing agama islam memiliki empat peran, yaitu sebagai pengganti orang tua, sebagai suri tauladan, sebagai pendidik, dan yang terakhir sebagai pembimbing.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Supervisor:
ContributionSupervisorNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorDarmaningrum, M. Pd, Khaerunnisa Tri198806302019032005UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembimbing Agama Islam, Prokrastinasi Akademik, Remaja.
Subjects: 100 PHILOSOPHY AND PSYCHOLOGY (FILSAFAT DAN PSIKOLOGI) > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa) > 158.3 Counseling and Interviewing/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasehat dan Wawancara
200 RELIGION (AGAMA) > 2X0 ISLAM UMUM > 2X7.15 Psikologi Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Prodi Bimbingan dan Penyuluhan Islam
Depositing User: UIN Gus Dur FUAD
Date Deposited: 11 Jul 2025 05:31
Last Modified: 11 Jul 2025 05:31
URI: http://etheses.uingusdur.ac.id/id/eprint/14147

Actions (login required)

View Item View Item